Innalillahi..., Ki Riswa, Dalang Wayang Golek Cilacap dan Murid Asep Sunandar Sunarya, Wafat
SATELITPOST.COM | 11/06/2018 04:00
Innalillahi..., Ki Riswa, Dalang Wayang Golek Cilacap dan Murid Asep Sunandar Sunarya, Wafat

DAYEUHLUHUR,SATELITPOST - Dalang kondang asal Dayeuhluhur,Umar Darusman Sunandar Sunarya yang dikenal Ki Riswa meninggal dunia, Jumat (8/6) dinihari. Menurut rekan sesama dalang, Rusma Wigandi mengatakan sebelum meninggal, almarhum menjalani perawatan di Rumah Sakit  Muhammadiyah Bandung akibat penyakit gagal ginjal yang sudah lama dideritanya.

“Almarhum sebelumnya dirawat  di Rumah sakit Muhammadiyah Bandung selama  satu minggu hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia,” kata Rusma.

LainnyaOwabong Siapkan 2 Wahan Baru

Setibanya dari rumah sakit jenazah  disemayamkan di rumah duka di Dusun Sukajadi Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur  dan langsung di makamkan di Pemakaman Keluarga pada pukul 11.00 WIB di Desa setempat.

Umar Darusman Sunandar Sunarya dikenal sebagai dalang Wayang Golek Pujaran Giri Harja III tutup usia  pada umur  37 tahun meninggalkan satu orang istri dan satu orang anak. Dalang Riswa lebih dikenal di wilayah Jawa Barat dan sedang naik daun, sering pentas di acara televisi swasta Nasional dan rutin tampil di Stasiun TVRI Bandung.

Beliau mengenal dunia dan belajar pewayangan sejak sekolah dasar, hingga tamat SLTA berguru kepada dalang kondang di antaranya Dalang Eli Hidayat Dayeuhluhur dan Dalang Asep Sunandar Sunarya Ia adalah anak pertama  dari salah seorang pemilik Nayaga Kesenian Sunda asal Dayeuhluhur.(lim)