Ajaib! 6 Ribu Data Perekaman E-KTP Warga Cilacap Hilang
SATELITPOST.COM | 01/11/2019 18:36
Ajaib! 6 Ribu Data Perekaman E-KTP Warga Cilacap Hilang
KANTOR Disdukcapil Cilacap, Rabu (30/10).SATELITPOST/ADRIAN

CILACAP, SATELITPOST – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap mengaku keihlangan  sedikitnya enam ribu data penduduk. Mereka merupakan penduduk yang sudah melakukan perekaman namun KTP-nya tidak bisa dicetak. Warga-warga kurang beruntung tersebut pun harus melakukan perekaman ulang.

“Itu sudah direkam tapi tidak bisa dicetak (sekitar 6 ribu data, red), itu data dari tahun 2016 sampai 2019. Kita sudah mulai melakukan distribusi ke masing-masing desa agar mereka melakukan rekam ulang, biodatanya sendiri kan sudah tercetak,” ujar dia.

BACA: Petani Didorong Percepat Tanam Padi, Dinas Berikan Bantuan Benih

Menurutnya, sekitar enam ribu data bermasalah tersebut terjadi karena beberapa faktor. Mungkin karena pengambilan sidik jari atau iris mata belum terselesaikan namun sudah terskip. Bisa jadi pula karena dobel atau duplikat perekaman. “Misalkan sudah rekaman di suatu daerah kemudian orang tersebut melakukan perpindahan penduduk. Akhirnya melakukan perekeman kembali ditempat yang baru, sehingga tidak bisa dicetak,” ujar dia.

“Kita harus komunikasi dengan pusat karena ada penghapusan. Kemudian untuk pencetakan e-KTP nya kita prioritaskan untuk tanggal suket tertua,” katanya lagi.

Lebih lanjut kata Kosasih, untuk antrian data tahun 2016 sampai 2017 di luar yang bermasalah sudah selesai dicetak. Sedangkan untuk tahun 2018 hingga 2019 masih dalam proses, karena menunggu persediaan blangko.

BACA: KIA Belum Terlalu Bermanfaat Ada Penambahan 20.400 Blangko di Anggaran Perubahan Cilacap

“Sampai Bulan Mei 2018 sudah terselesaikan, kalau ada datang blanko lagi 1.000 untuk antrian 2018 selesai, tinggal kita akan kerjakan yang tahun 2019. Untuk antrian cetak tahun 2019 ini mencapai sekitar 49 ribu,” katanya.

Sementara untuk ketersediaan blangko sampai saat ini masih belum terlalu lancar. Kadang blangko datang tiga minggu sekali. Itupun totalnya hanya sekitar 500 keping. Saat ini Disdukcapil Cilacap sendiri masih kekurangan stok blangko. (and)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT