Jayabaya, Burung Merpati Seharga Rp 1 Miliar Kalah dari Merpati Ndeso
SATELITPOST.COM | 03/10/2019 15:07
Jayabaya, Burung Merpati Seharga Rp 1 Miliar Kalah dari Merpati Ndeso

KEBUMEN, SATELITPOST-Burung merpati senilai satu miliar rupiah harus kalah pada babak ketiga dalam perlombaan Merpati Kolong yang diselenggarakan oleh Polres Kebumen, di Lapak Sidomoro, Buluspesantren, Ahad siang (28/7/2019). Merpati yang tahun lalu menjadi juara tingkat nasional itu kalah saat melawan merpati lokal atau merpati "ndeso" di putaran ke-13.

“Burung ini kalah tadi di babak ketiga. Soalnya kurang fit. Dia kalah dari burung lokal, ya kalah dari tuan rumah,” kata Anto (45) warga Bandung yang merupakan pemilik sebelumnya.

BACA: 777 Jemaah Calom haji Sudah Diberangkatkan

Anto bercerita, burung merpati yang diberi nama Jayabaya ini awalnya tidak niat dijual ke siapapun. Ia menernak Jayabaya dan sering ambil bagian dalam lomba burung dan menjadi juara tingkat nasional. Jayabaya merupakan burung yang stabil dan gesit sehingga banyak yang menawar Jayabaya dengan berbagai harga.

“Ada yang minta 400 juta dan lain-lain, ya saya buka saja dengan harga satu miliar, ternyata ada yang berani ngambil yaitu pak Robi warga Depok,” ujarnya disela-sela perlombaan masih berlangsung.

Ia memasang harga tersebut karena sudah ada yang menawar. Menurut keyakinannya pantang sekali jika ada yang menawar merpati tetapi tidak dijual. Akibatnya akan fatal, bisa burung tersebut sakit ataupun mati. Akhirnya ia menetapkan harga satu miliar.

Ia mengakui, burung tersebut sama seperti jenis merpati yang lain. Merpati itu mahal atau tidaknya ditentukan oleh kualitasnya saat mengikuti perlombaan. Bila burung pernah mengikuti ajang nasional akan berada pada angka kisaran 20 juta keatas. Namun, jika masih dalam tingkat lomba lokal berada di kisaran 10 juta. “Kalau burung sudah punya nama, ya harganya bisa lebih mahal,” kata dia. Fenomena hal ini dianggap lumrah dikarenakan hobi. Baginya hobi itu memang mahal.

Ia mengatakan meskipun kalah pada putaran ini, Jayabaya akan kembali ikut bertanding di Jawa Barat 2 pekan depan. “Masih ada satu musim lagi hingga penutupan bulan Desember. Sekarang diputaran ke – 13 dari total 24 putaran,” kata dia. (CR)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT