Anggaran Fogging Habis, Nyamuk Demam Berdarah Cilacap "Tepuk Tangan"?
SATELITPOST.COM | 24/07/2019 15:37
Anggaran Fogging Habis, Nyamuk Demam Berdarah Cilacap "Tepuk Tangan"?
Ilustrasi Pengasapan/Fogging. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

CILACAP, SATELITPOST – Anggaran fogging untuk mengatasi nyamuk demam berdarah atau penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) tahun 2019 sudah habis, Dinas Kesehatan Cilacap pun mengaku akan kembali mengusulkan alokasi dana pada anggaran perubahan mendatang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Kuswantoro mengatakan, anggaran untuk fogging di tahun ini sudah habis. Dalam APBD induk, jajarannya hanya menganggarkan 60 kali fogging.

BACA: Soal Tsunami Warga Cilacap Diminta Tenang

“Anggaran tahun ini sudah habis, tetapi kita akan ajukan kembali pada anggaran perubahan. Sekitar 50 kali fogging akan kita usulkan,” ujarnya.

Menurutnya angka kasus DBD akhir-akhir ini sudah menurun. Hal tersebut terjadi karena sudah memasuki musim kemarau. Tetapi usulan tetap dilakukan untuk mengantisipasi musim hujan di akhir tahun.

Pihaknya berharap agar masyarakat tidak mengandalkan fogging dalam mengantisipasi DBD. Sebab,  apabila sering difogging nyamuk akan menjadi kebal atau resisten obat. Sehingga apabila sudah kebal, nyamuk tidak akan mudah dibunuh melalui fogging.

“Kalau di suatu lokasi sudah kriterianya harus fogging tetap kita lakukan, masyarakat biasanya swadaya, tetapi saat ini sudah jarang juga,” ujar dia.

Perlu diperhatikan bersama, bahwa antisipasi DBD yang efektif yakni dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara rutin. Sehingga ketika musim penghujan tiba, nyamuk tidak akan mudah berkembang biak. (And)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT