3,8 Juta Penduduk Jateng Miskin, Tertinggi Kedua Nasional
SATELITPOST.COM | 15/02/2019 11:00
3,8 Juta Penduduk Jateng Miskin, Tertinggi Kedua Nasional
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Taj Yasin dipanggul para pendukung merayakan keunggulan dalam hitung cepat Pilkada Jateng 2018 versi sejumlah lembaga survei di kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 27 Juni 2018. Hitung cepat versi sejumlah lembaga survei menyatakan keunggulan Ganjar-Yasin atas rival mereka, Sudirman Said dan Ida Fuziyah. ANTARA

PURWOKERTO, SATELITPOST-Jumlah penduduk yang masuk dalam kategori miskin di Jawa Tengah ada sebanyak 3.867.420 jiwa. Dengan angka sebanyak itu, menjadikan Jawa Tengah berada di urutan kedua tertinggi secara nasional.

“Jumlah penduduk miskin Jateng berada di urutan kedua terbanyak se-Indonesia sejumlah 3.867.420 jiwa. Namun, prosentase penduduk miskin dari tahun ke tahun terus bergerak ke arah yang positif,” kata Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jateng, Indra Surya dalam rapat koordinasi tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) di Hotel Java Heritage, Purwokerto, Rabu (13/2/2019).

BACA JUGA: Polri Usut Kasus Kebondalem, Penyidik Tipikor Panggil Penyewa Ruko dan BPN

Menurutnya, dalam percepatan penurunan angka kemiskinan ini, tugas TPAKD sangat strategis dan dengan adanya pertemuan ini bisa dijadikan sarana mengidentifikasi peermasalahan dalam pelaksanaaan program TPAKD sekaligus merumuskan langkah pemecah permasalahan.

Dengan realitas Jateng masih menduduki peringkat atas dalam hal kemiskinan kata dia, dibutuhkan percepatan langkah satu di antaranya yakni dengan mendorong UMKM agar terus bergerak, maju, dan berkembang.

Untuk mendukung hal ini, TPAKD bisa memberikan akses keuangan yang mudah dan berbunga rendah dan program TPAKD harus disusun berdarakan peningkatan akses keuangan masyarakat untuk menjadi solusi percepatan akses mereka pada jasa dan produk keuangan.

BACA JUGA: Pengayuh Becak Meninggal karena Kelelahan

Langkah ini dinilai berhasil yakni pada September 2017 sampai September 2018, penurunan angka kemiskinan di Jawa Tengah menempati posisi tertinggi di antara 34 provinsi se-Indonesia.

“Jateng menyumbang 50 persen penurunan angka kemiskinan secara nasional. Meski kemiskinan Jateng telah turun tajam, namun masih berada di atas capaian nasional,” katanya.

Baca selengkapnya SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT