Atap Madrasah Ma'arif NU Runtuh Saat Siswa Belajar di Kelas
SATELITPOST.COM | 14/12/2018 09:20
Atap Madrasah Ma'arif NU Runtuh Saat Siswa Belajar di Kelas
KONDISI atap bangunan kelas V yang runtuh, Selasa (11/12)SATELITPOST/TRIONO YULIANTO

PURBALINGGA, SATELITPOST-Atap ruangan kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU di Desa Brakas, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga tiba-tiba runtuh Senin (10/12). Runtuhnya atap yang terjadi saat aktivitas belajar mengajar sedang berlangsung membuat siswa panik berhamburan keluar ruangan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.  

Kepala Sekolah MI Ma’arif NU Imam Sutrisno menduga runtuhnya atap ruangan kelas karena kayu kerangka atap sudah lapuk dimakan usia. Menurutnya, bangunan tersebut terakhir direnovasi pada 15 tahun lalu.  

“Kerangka atap yang lapuk sudah tak kuat menahan derasnya hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir, sehingga sebagian atap runtuh. Alhamdulillah tidak ada korban,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa 11 Desember 2018.

Meski demikian, kerusakan yang terjadi membuat ruang kelas 5 tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM). Kondisi ini mengganggu aktivitas belajar siswa. Untuk memastikan siswa tetap bisa belajar, KBM untuk sementara dilaksanakan di rumah warga. “Ada 18 siswa kelas 5 yang pagi ini terpaksa belajar di rumah warga,” kata Imam.  

Lapuknya kerangka atap bangunan tak hanya meruntuhkan atap kelas 5, dua ruang kelas lainnya, yakni kelas 2 dan 3 juga kondisinya sudah memprihatinkan. “Kami khawatir, jika hujan deras turun, dua ruangan kelas itu juga bisa runtuh dan mengancam para siswa. Kami berharap pemkab melalui dinas terkait dapat membantu biaya untuk merenovasinya,” ujarnya.  

‎Terpisah, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga Subeno mengatakan, soal bantuan renovasi bangunan sekolah MI Ma’arif NU Brakas pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai koordinator yang membawahi MI. “Kita laporkan juga masalah ini ke Plt Bupati Purbalingga,” katanya. (rar)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT