Cerita di Balik Batalnya Ketua KPK Hadiri Jamuan Makan Malam Gubernur Sulbar
SULBARKITA.COM | 29/01/2020 15:00
Cerita di Balik Batalnya Ketua KPK Hadiri Jamuan Makan Malam Gubernur Sulbar

Mamuju, Sulbarkita.com -- Acara ramah tamah dan jamuan makan malam Ketua KPK Firli Bahuri dengan jajaran Pemprov Sulbar batal digelar di rumah jabatan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Rabu, 22 Januari 2020 pukul 19.00 Wita. Ketua KPK tidak hadir di acara tersebut.

“Memang tidak ada makan malam. Pak ketua KPK istirahat karena besok mau lanjut Makassar pagi hari,” ujar Koordinator Wilayah VIII Sulbar, KPK, Mohammad Jhanattan melalui pesan WhatsApp Rabu. “Beliau makan malam di hotel.” dia menambahkan.

Agenda ramah tamah dan makan malam tersebut sudah disebarkan oleh pihak Pemprov Sulbar di sejumlah grup WhatsApp wartawan sejak Selasa, 21 Januari pukul 20.36 Wita. “Jamuan makan malam sekaligus ramah tamah ketua KPK RI dengan rombongan. Waktu jam 19.00 Wita di Rumah Jabatan Gubernur,” demikian petikan undangan tersebut.

Sulbarkita.com dengan sejumlah media pun sempat nemberitakan hal tersebut. Hal itu kemudian menjadi perhatian oleh pegiat antikorupsi. “Kunjungan ketua KPK ke Sulbar sebaiknya bukan hanya untuk acara seremoni namun mensupervisi dan monitoring kasus-kasus korupsi yang sedang diusut oleh Kejati dan Polda Sulbar,” kata Koordinator Anti Corruption Committee, Abdul Kadir Wokanubun melalui pesan WhatsApp pada Rabu.

Sesuai agenda dinner dan ramah tamah pada Rabu malam, Gubernur Sulbar Ali Baal, jajaran pejabat teras Pemprov, dan Ketua DPRD Sulbar Suraedah Suhardi sudah berada di lokasi sekitar pukul 19.30 Wita. Jamuan pun tersedia lengkap di atas meja prasmanan. Mulai dari ikan bakar rica-rica, telur balado, sop ikan, sayur cap cay, dan buah naga. Tak lupa beragam kue tradisional Sulawesi Barat juga berada di sana.

Pengeras suara seperti sound system dan sejumlah alat musik di atas panggung kecil juga tampak di acara tersebut. Terdapat sejumlah seniman melantunkan lagu untuk memeriahkan penyambutan.

Hingga pukul 21.00 Wita, Ketua KPK dan rombongan tidak kunjung datang. Belakangan diketahui Ketua KPK tidak ke acara tersebut. Ia justru berada di Reachest, salah pusat olah raga di Mamuju. Di sana, Firli asyik bermain bulu tangkis melawan Kapolda Sulbar, Brigjend Baharuddin Djafar.

Hampir satu jam mereka bermain bulu tangkis. Seusai bermain, Firli bukannya meladeni wartawan yang sudah menunggunya. Ia memilih langsung merangsek ke atas sebuah mobil dan menutup kacanya. Dari dalam mobil, ia lantas melambaikan tangan ke arah wartawan. Erisusanto

SULBARKITA.COM


BERITA TERKAIT