Resmi Jabat Menko Perekonomian, Relawan Siap Usung Airlangga Hartarto di Pilpres 2024
SULBARKITA.COM | 23/10/2019 11:58
Resmi Jabat Menko Perekonomian, Relawan Siap Usung Airlangga Hartarto di Pilpres 2024
Anggota SMART Sulbar di Mamuju/ Sulbarkita.com-Eri

Mamuju, Sulbarkita.com -- Sahabat Muda Airlangga Hartarto (SMART) Sulawesi Barat bakal dideklarasikan pada Selasa, 5 November 2019. Acara deklarasi tersebut akan dihadiri Ketua Umum Partai Golkar, Arilangga Hartarto.

Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasangkayu, Irpandi Yaumil Ambo Djiwa, SMART Sulbar merupakan organisasi yang berkepentingan untuk mengusung Airlangga pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

BACA: Tenaga Kesehatan Dominasi Rekrutmen CPNS Mamuju 2019

“Hari ini kami tidak usah sembunyi-sembunyi, ketua umum kami akan didorong maju menjadi presiden setelah Jokowi,” ujar Irpandi kepada Sulbarkita.com di Café Hero, Jalan Tengku Cik Ditiro, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Selasa, 22 Oktober 2019 malam.

Kendati demikian, politisi Partai Golkar itu mengelak bahwa SMART adalah organisasi sayap dari partai berlambang beringin. Kata dia, SMART merupakan organisasi berskala nasional yang memiliki anggota tidak hanya dari kader Partai Golkar sendiri.

“Bukan hanya dari Golkar yang gabung, ada juga dari kader partai lain. Oleh karena itu kami terbuka bagi siapa saja pemuda yang menginginkan Airlangga menjadi presiden Indonesia ke depan,” kata Irpandi.

Irpandi menjabat Ketua Bidang Politik dan Kebijakan Publik di SMART Sulbar. Saat ini, anggota SMART Sulbar tengah mempersiapkan kedatangan tokoh nasional tersebut. “Waktunya bisa saja berubah, kami sedang koordinasi dengan beliau,” kata Irpandi yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Pasangkayu.

Sulbar adalah tuan rumah pelantikan, dalam hal ini pelantikan akan dilakukan serentak yang diikuti oleh SMART Sulawesi Utara, Tengah dan Selatan. “Kalau di Sulbar, jumlah anggota kami sekitar 400 orang,” ucap Irpandi.

Sementara Formatur Koordinator SMART Sulbar ialah Yulius Sanusi. Ia merupakan Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Mamuju Tengah dari fraksi Partai Golkar.

Dilansir dari Tempo.co, Selasa, 22 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangkat Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, menjadi menteri perindustrian pada 27 Juli 2016. Airlangga tak melepas jabatannya di Golkar dan merangkapnya meski menjadi menteri.

Jokowi menamakan kabinetnya sebagai Kabinet Indonesia Maju yang akan membantunya di pemerintahan periode 2019-2024. Airlangga menjadi menteri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian.

BACA: WAWANCARA KHUSUS KPK: Ada Potensi Kebocoran Dana APBD di Sulbar

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 1 Oktober 1962 itu dinilai berhasil memimpin Golkar karena pada Pemilu 17 April lalu berhasil mendapat 85 kursi di DPR RI.

SMART pertamakali dideklarasikan pada Sabtu, 24 Agustus 2019 di Jakarta Selatan. Saat itu, SMART sebagai organisasi yang menghimpun kalangan muda Partai Golkar. Tujuannya ialah pemenangan Airlangga menjadi ketua umum Partai Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) Golkar, Desember 2019 mendatang. Erisusanto

SULBARKITA.COM


BERITA TERKAIT