Ongkos Tiket PP ke Bali, Setwan DPRD Tanjungpinang Kucurkan Hampir Rp300 Juta
HARIANKEPRI.COM | 14/07/2022 13:30
Ongkos Tiket PP ke Bali, Setwan DPRD Tanjungpinang Kucurkan Hampir Rp300 Juta

TANJUNGPINANG (HAKA) – Estimasi biaya tiket keberangkatan seluruh anggota DPRD Kota Tanjungpinang ke Bali pada Kamis (14/7/2022), diperkirakan memakan anggaran sekitar ratusan juta rupiah.

Berdasarkan penelusuran hariankepri.com dipenjualan tiket secara online, harga tiket untuk satu orang, Tanjungpinang-Jakarta, lalu Jakarta-Bali, Pergi Pulang (PP) menghabiskan anggaran sekitar Rp5,3 juta.

Penelusuran secara online ini, menggunakan harga termurah dari beberapa maskapai, untuk keberangkatan Kamis (14/7/2022) dan kepulangan pada Minggu (17/7/2022).

Apabila per anggota DPRD membutuhkan anggaran sekitar Rp5,3 juta, dikali 30 orang yang berangkat, maka total harga tiket PP sekitar Rp160 juta. Itu belum termasuk pendamping atau staf DPRD yang mendampingi selama berada di Provinsi Bali.

Informasi yang diperoleh hariankepri.com, sedikitnya ada 20 staf yang akan ikut mendampingi. Jika ditambah dengan tiket staf, biayanya mencapai Rp107 juta. Sehingga untuk tiket saja, Setwan DPRD Tanjungpinang butuh hampir Rp300 juta, tepatnya Rp267 juta.

“Total angka persisnya saya kurang tau. Tapi kira-kira segitulah biaya tiket PP yang awak sebutkan,” ucap Plt Sekretaris DPRD Kota Tanjungpinang, Muhammad Amin saat dikonfirmasi hariankepri.com.

Amin menegaskan, bahwa keberangkatan seluruh anggota DPRD ini menggunakan APBD. “Insya Allah jadi ke Bali. Dan untuk tiket keberangkatan tentunya pakai APBD,” katanya, Rabu (13/7/2022).

Menurutnya, pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang akan diikuti seluruh dewan ini sudah terprogram dari awal. Karena, sebelum-sebelumnya beberapa kali batal dilaksanakan, dengan berbagai alasan terutama Covid-19, sehingga baru sekarang ada kesempatan.

Ditanya soal detail anggaran, Amin tidak mengetahui secara persis berapa totalnya.
Untuk penginapan dan konsumsi seluruh anggota DPRD Kota Tanjungpinang, selama acara Bimtek akan ditanggung oleh penyelenggara.

“Makan minum dan penginapan disediakan penyelenggara Bimtek. Kita hanya menanggung SPPD seluruh DPRD termasuk tiket pesawat saja,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis (14/7/2022), seluruh anggota DPRD Kota Tanjungpinang akan berangkat ke Bali. Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya membenarkan rencana keberangkatan seluruh anggota DPRD tersebut.

“Iya, rencana berangkat Kamis. Ke Bali itu dalam rangka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek),” terangnya kepada hariankepri.com, Selasa (12/7/2022) saat ditemui di DPRD Kota Tanjungpinang.

Menurutnya, Bimtek tersebut merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Bimtek ini sebenarnya sudah beberapa kali direncanakan tapi, gagal terus. Kalau kali ini kami tak ikut, maka tak ada lagi Bimtek,” sebutnya.

 

 

 Harian Kepri.


BERITA TERKAIT