Pemko Tanjungpinang Terbitkan SE Panduan Ibadah Ramadan
HARIANKEPRI.COM | 10/04/2021 21:29
Pemko Tanjungpinang Terbitkan SE Panduan Ibadah Ramadan
Ilustrasi salat/masjid. AP/Heri Juanda

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemko Tanjungpinang menerbitkan surat edaran, tentang panduan pelaksanaan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Surat edaran (SE) dengan nomor 450/638/1.1.03/2021 tertanggal 6 April 2021 itu, ditandatangani oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

Pada SE tersebut Rahma menyebutkan, bahwa pelaksanaan ibadah dan kegiatan keagamaan dapat dilaksanakan di masjid, musala dan surau, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia pun mewajibkan dewan kemakmuran masjid, musala dan surau, agar menerapkan protokol kesehatan. Seperti menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan alat pengecek suhu, membagikan masker bagi jemaah yang tidak menggunakan masker.

Lalu dalam pelaksanaan ibadah, disarankan agar tidak menggunakan karpet atau menggulung karpet untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, menerapkan pembatasan jarak antarjemaah dengan memberikan tanda khusus di lantai minimal dengan jarak 1 meter. Serta beberapa poin lainnya yang harus dilakukan oleh dewan kemakmuran masjid.

Selain itu, pada edaran tersebut Rahma juga mejelaskan kewajiban masyarakat dalam pelaksanaan ibadah.

“Menghindari kontak fisik. Untuk anak di bawah usia 7 tahun dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit dianjurkan untuk salat di rumah,” tegasnya dalam SE tersebut.

hariankepri.com


BERITA TERKAIT