Gunung Sinabung Keluarkan 'Wedus Gembel' Sejauh 1.500 Meter
MEDANHEADLINES.COM | 26/10/2020 15:45
Gunung Sinabung Keluarkan 'Wedus Gembel' Sejauh 1.500 Meter

MEDANHEADLINES.COM, Karo – Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengeluarkan awan panas sejauh 1.500 meter, Minggu (25/10)

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin menjelaskan, Erupsi gunung sinabung ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 246 detik

” Awan panas meluncur ke arah timur-tenggara dengan arah angin timur-tenggara,” ujarnya. Natanail juga mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar menjauhi “zona merah” erupsi

“‘Zona merah’ tidak boleh dilanggar, demi keselamatan warga masyarakat sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diingini,” ujarnya.

Natanail menyebutkan saat ini aktivitas vulkanik Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung itu.

“Selanjutnya radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara,” katanya. (red)


BERITA TERKAIT