Layanan Pesan Antar Makanan GoFood Menguasai 75 Persen Pasar Indonesia, Pertanda Apa?
MEDANHEADLINES.COM | 20/09/2019 16:07
Layanan Pesan Antar Makanan GoFood Menguasai 75 Persen Pasar Indonesia, Pertanda Apa?
Suasana Go Food Festival yang diselenggarakan oleh Go-Jek, di Pasaraya, Blok M, Jakarta Selatan, 26 Desember 2017. TEMPO/Kartika Anggraeni

MEDANHEADLINES.COM – Hasil riset Nielsen Singapura menyebutkan lebih dari 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan, menilai pelayanan GoFood yang terbaik di Indonesia.Bahkan, layanan yang terintegrasi dalam Gojek ini, menurut Nielsen, nilai rata-ratanya jauh lebih baik dibanding industri sejenis di tanah air. Persentasenya sekitar 39 persen.

Dalam riset berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” tersebut, GoFood dianggap sebagai aplikasi paling user friendly. “Penelitian kami terkait perilaku pengguna layanan pesan-antar makanan di Indonesia mengungkapkan banyak peluang yang belum tersentuh,” kata Executive Director of Consumer Insight Nielsen Singapura Garick Kea dalam konferensi pers yang digelar Kamis (19/9).

BACA: Satpol PP Kembali Tertibkan Papan reklame Bermasalah

Riset Nielsen dilakukan di tujuh kota utama di Indonesia menggunakan metode survei online dan melibatkan 1.000 pengguna terdiri dari perempuan dan laki-laki berusia 18 sampai 45 tahun yang menggunakan layanan pesan-antar makanan dalam tiga bulan terakhir. Riset melihat preferensi masyarakat Indonesia terhadap empat layanan pesan-antar makanan berbasis aplikasi terbesar di Indonesia.

Selain dianggap lebih user friendly, hasil riset juga menunjukkan 83 persen konsumen urban menilai GoFood memiliki pilihan menu dan jumlah merchant sangat beragam. Sementara 82 persen menilai mitra driver Gojek ramah, sopan dan informatif. Dan 82 persen konsumen urban menilai top-up untuk pembayaran melalui aplikasi dinilai lebih mudah, dan sebanyak 70 persen menilai GoFood tercepat.

“Kenyamanan konsumen merupakan faktor utama yang menggerakkan pertumbuhan bisnis ini. Dengan 95 persen masyarakat Indonesia memilih untuk membeli makanan siap santap, industri pesan antar makanan mempunyai potensi pertumbuhan yang besar. Persepsi positif konsumen terhadap Gojek juga membuat Gojek berada di posisi yang menguntungkan,” kata Garick.

Masih ada 42 persen konsumen urban di kota besar yang belum menggunakan layanan pesan-antar makanan dalam tiga bulan terakhir. Sementara demografi konsumen berbeda, untuk makan siang di tempat kerja konsumen didominasi pekerja berumur 26 sampai 35 tahun dengan posisi eksekutif atau manajerial (22 persen), serta pegawai swasta (44 persen). Makan malam didominasi pemesanan dari rumah tanpa ada profil demografis yang menonjol.

Keberhasilan ini juga berbanding lurus dengan pertumbuhan GoFood di Indonesia dan Asia Tenggara. Dalam enam bulan terakhir, tercatat jumlah transaksi anak perusahaan yang menjadi jembatan ekonomi Indonesia ini meningkat dua kali lipat mencapai lebih dari 50 juta transaksi di seluruh Asia Tenggara setiap bulannya.

Chief Food Officer Gojek Grup Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, GoFood sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan GoFood, konsumen tidak perlu menghabiskan waktu mengantri di restoran karena ribuan pilihan menu ada dalam genggaman. “GoFood membuat hidup jadi lebih praktis,” katanya.

Dia menambahkan pencapaian ini merupakan bukti nyata kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap inovasi teknologi dan inisiatif yang terus dihadirkan GoFood selama empat tahun terakhir sehingga perusahaan milik Aplikasi Karya Anak Bangsa itu telah berhasil menguasai pangsa pasar di industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia tersebut. “Kami terus menjadi pemimpin pasar layanan food delivery dengan pangsa pasar 75 persen di Indonesia,” ucap Catherine.

Co-Founder Parentalk.id Nucha Bachri mengakui keberadaan GoFood sangat membantu dirinya. Kesibukan sehari-hari di luar rumah menjadikan dirinya jarang ada kesempatan memasak di rumah, GoFood selalu jadi penyelamat.

“Saya juga enggak takut beli makanan dari luar untuk anak dan suami karena di GoFood sudah dimudahkan dengan filter pilihan menu makanan favorit kami,” kata wanita yang mengaku pelanggan setiap GoFood tersebut. (Rha)

MEDANHEADLINES.COM


BERITA TERKAIT