Kembalikan Kejayaan Melayu, Edy Rahmayadi Bakal Pugar Makam Tengku Amir Hamzah
MEDANHEADLINES.COM | 31/05/2019 09:00
Kembalikan Kejayaan Melayu, Edy Rahmayadi Bakal Pugar Makam Tengku Amir Hamzah

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan niatnya untuk mengembalikan peradaban Suku Melayu. Hal ini diungkapkan Edy saat menggelar buka puasa bersama masyarakat keturunan Melayu di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 beberapa waktu yang lalu

“Saya minta izin kepada tuan-puan semua, saya akan menyusuri, menapak tilas dan mengembalikan peninggalan raja-raja terdahulu, karena itu adalah upaya saya mengembalikan peradaban Melayu,” ucap Gubernur.

BACA: Edy Rahmayadi Jamin Kebutuhan Barang Pokok di Sumatera Utara Aman

Untuk mewujudkan itu, Edy mengatakan pertama yang akan dilakukannya adalah memugar makam Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah, yang juga Sastrawan Pendiri Balai Pustaka.

“Banyak tempat yang harus kita kembalikan satu per satu. Saya minta izin untuk memugar dan memindahkan makam pahlawan kita yang ada di Langkat. Dua bulan ke depan akan kita pugar jika masyarakat semuanya telah setuju,” ujar Gubernur.

Edy Rahmayadi juga menambahkan, apa yang akan dilakukannya bukanlah bermaksud membeda-bedakan suku, tapi ingin memberitahu masyarakat bahwa suku Melayu merupakan bagian dari kekuatan Rupublik Indonesia.

BACA: Tumpangi Bus Bintang Utara Tujuan Medan-Sibolga, Perempuan Ini Malah Alami Pelecehan Seksual

“Bukan kita tak serumpun, bukan kita membeda-bedakan suku, tapi ini untuk mengembalikan kepercayaan pada suku Melayu yang merupakan bagian dari kekuatan Republik Indonesia ini,” terangnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Edy Rahmayadi, Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam Shah yang merupakan Sultan Deli ke -14 mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini.

“Jadikanlah kegiatan ini sebagai momentum wadah untuk saling menghormati, berbeda pendapat maupun pilihan adalah hal biasa, yang penting adalah menaati semua keputusan hukum yang ada,” ujarnya. (red)

MEDANHEADLINES.COM


BERITA TERKAIT