Sipir Gelar Razia Narkoba Picu Amukan Napi Lapas Narkotika Langkat
MEDANHEADLINES.COM | 17/05/2019 13:51
Sipir Gelar Razia Narkoba Picu Amukan Napi Lapas Narkotika Langkat

MEDANHEADLINES.COM – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara Dewa Putu Gede angkat bicara terkait kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kabupaten Langkat pada kamis, (16/5/2019)

Dikatakannya, Kerusuhan ini dipicu oleh razia narkoba yang dilakukan petugas sipir, Narapidana tidak terima dengan razia yang dilakukan di salah satu blok dalam Lapas dan langsung mengejar petugas secara beramai-ramai.

BACA: Razia Di Perbatasan, Polrestabes Medan Amankan 2 Napi Kabur Dalam Angkot

“Yang jelas terjadi tadi siang karena ada penangkapan narkoba di salah satu blok, oleh petugas, begitu. Begitu barang itu diambil, terjadilah perlawanan dari dalam langsung. Dan ada kelihatan bakar-bakar,” kata Dewa Putu Gede, Kamis (16/5/2019).

Untuk saat ini, dirinya telah mengeluarkan himbauan kepada Lembaga Pemasyarakatan lain melalui surat edaran untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa. Salah satu poinnya adalah tidak melakukan kekerasan terhadap narapidana.

BACA: Gelar Buka Puasa Bersama, Pemkab Tapteng Lepas Tim Safari Ramadan 1440 H/2019

“Saya sudah tulis edaran untuk tidak melakukan kekerasan. Kemudian kalau ada narkoba jangan melakukan gerakan sendiri, melainkan berkoordinasi dengan polisi dan badan narkotika,” ungkapnya.

Hingga saat ini situasi di Lapas Narkotika Klas III Langkat sudah dalam keadaan kondusif, Namun ada ratusan narapidana yang melarikan diri memanfaatkan kerusuhan ini. (red)

MEDANHEADLINES.COM


BERITA TERKAIT