Soal Pencemaran Danau Toba, Luhut: Lagi Kita Kaji dan Pelajari
MEDANHEADLINES.COM | 19/02/2019 14:10
Soal Pencemaran Danau Toba, Luhut: Lagi Kita Kaji dan Pelajari

MEDANHEADLINES.COM – Pencemaran yang terjadi di kawasan Danau Toba mendapat perhatian serius dari Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

Dikatakannya, Pihaknya saat ini sedang melakukan pembahasan ihwal dugaan pencemaran itu.

“Lagi kita kaji dan sedang dipelajari dengan benar,” tegasnya usai menjadi pembicara dalam kuliah umum di Kampus Universitas Sumatera Utara, Senin (17/2).

Bahkan pihaknya juga akan mengambil langkah untuk perbaikan kualitas air di Danau terbesar di Asia Tenggara itu.

“Kita berharap tidak terlalu lama, ada langkah-langkah perbaikan,” tukasnya.

Sayangnya Luhut tidak membahas detil soal proses penanganan pencemaran Danau Toba. Sejumlah petugas keamanan langsung menarik-narik awak media yang melakukan wawancara. Luhut pun langsung bergegas meninggalkan USU.

Diketahui, Isu pencemaran Danau Toba terus menghangat. Baik di kalangan aktivis lingkungan atau pun Pemprov Sumut.

Pencemaran diduga dilakukan salah satu perusahaan budidaya ikan di sana. Mereka menggunakan bahan kimia untuk pakan ikan. Sehingga menjadi endapan dan mencemari danau. Bahkan perusahaan itu diduga sudah melebihi batas produksi sesuai aturan.

DPRD Sumut juga dikabarkan akan membentuk pansus. Menyusul protes dari aktivis lingkungan yang memprotes soal pencemaran.

Pencemaran Danau Toba berpotensi memberikan dampak bagi pariwisata. Di tengah getolnya pemerintah membangun pariwisata Danau Toba, pencemaran menjadi batu ganjalan. (red)

MEDANHEADLINES.COM


BERITA TERKAIT