Tahun ini Jokowi, Maruf Amin, Menteri, Anggota DPR - MPR, Kepala Daerah Tanpa THR
SOLOTRUST.COM | 16/04/2020 15:30
Tahun ini Jokowi, Maruf Amin, Menteri, Anggota DPR - MPR, Kepala Daerah Tanpa THR
Menkeu Sri Mulyani memberikan keterangan pers terkait laporan APBN 2019 di Jakarta, Selasa 7 Januari 2020. Menkeu menyatakan realisasi APBN 2019 masih terarah dan terkendali meskipun terjadi defisit sebesar Rp353 triliun atau sebesar 2,20 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Tempo/Tony Hartawan

JAKARTA, solotrust.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan presiden, wakil presiden (Wapres), para menteri, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), kepala daerah, dan pejabat negara tak mendapatkan tunjangan hari raya (THR).

“Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Bapak Presiden sudah memutuskan THR akan dibayarkan untuk seluruh ASN, TNI, Polri yang posisinya adalah di bawah atau dalam hal ini sampai dengan eselon 3 ke bawah,” ujar Menkeu usai Sidang Kabinet Paripurna, Selasa (14/04/2020), dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Jadi, menurut Sri Mulyani, seluruh pelaksana dan eselon 3 ke bawah mendapatkan THR dari gaji pokok dan tunjangan melekat, tidak dari tunjangan kinerja (tukin)-nya.

“Pensiun juga tetap mendapatkan THR sesuai dengan yang dilakukan pada tahun lalu karena pensiun adalah kelompok yang mungkin rentan juga. Jadi THR akan dilakukan sesuai dengan siklusnya,” imbuh dia.

Sekarang ini, menurut Menkeu Sri Mulyani, di dalam proses untuk melakukan revisi Peraturan Presiden (Perpres) sesuai dengan instruksi presiden bahwa THR untuk seluruh pejabat negara dan eselon 1 serta eselon 2 tidak dibayarkan.

“Namun untuk seluruh ASN, TNI, Polri lainnya untuk eselon 3 ke bawah atau pejabat negara yang setara eselon 3 ke bawah juga tetap dibayarkan,” ujarnya.

SOLOTRUST.COM


BERITA TERKAIT