Polri Sikapi Marak Penolakan Warga Pemakaman Jenazah Pasien Corona
SOLOTRUST.COM | 03/04/2020 15:01
Polri Sikapi Marak Penolakan Warga Pemakaman Jenazah Pasien Corona
Ilustrasi tewas atau jenazah atau jasad. shutterstock.com

JAKARTA, solotrust.com - Pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia memberikan dampak signifikan. Hal ini menjadi salah satu konsentrasi Polri dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Stigmatisasi masyarakat terhadap pasien terinfeksi Covid-19 memunculkan terjadinya penolakan pemakaman jenazah penderitanya di beberapa tempat. Menyikapi itu, Polri telah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait guna mencegah terjadinya hal tersebut.

“Dalam hal ini Polri bekerjasama dengan jajaran TNI dan pemerintah daerah yang diaplikasikan di lapangan oleh para Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan lurah telah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hal-hal berkaitan dengan korban virus corona yang meninggal dunia. Polri juga  menggandeng instansi terkait seperti kesehatan,” ungkap Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra, saat memberikan keterangan di Mabes Polri, Kamis (02/04/2020), dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Pihaknya berharap sebagai bangsa yang memiliki sikap toleransi dan gotong royong penting untuk mengedepankan rasa kemanusiaan dan rasa empati, sehingga nantinya tak ada lagi penolakan pemakaman jenazah korban yang meninggal akibat virus corona.

SOLOTRUST.COM


BERITA TERKAIT