Siapakah Sulianti Saroso? Perempuan yang Namanya Menjadi RSPI Rujukan Pasien Corona
SOLOTRUST.COM | 19/03/2020 15:46
Siapakah Sulianti Saroso? Perempuan yang Namanya Menjadi RSPI Rujukan Pasien Corona

Solotrust.com - Akhir-akhir ini RSPI Sulianti Saroso, Jakarta sering kali muncul dalam pemberitaan. Hal itu dikarenakan RSPI Sulianti Saroso merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk para pasien penderita virus corona (Covid-19) yang tengah merebak di Indonesia.

Siapa sebenarnya Sulianti Saroso yang dijadikan nama rumah sakit? Menurut informasi dari berbagai sumber, Sulianti Saroso merupakan seorang perempuan yang lahir di Karangasem, Bali pada 10 Mei 1917 dan meninggal pada 29 April 1991. Julie Sulianti Saroso meninggal dalam usia 73 tahun adalah seorang tokoh kedokteran di Indonesia. 

Sulianti Saroso menamatkan sekolahnya pada 1942 dari GHS (Geneeskundige Hoge School), nama baru dari sekolah tinggi kedokteran STOVIA di Batavia (sekarang Jakarta). Sulianti sempat bekerja di RS Cipto Mangunkusumo pada masa kependudukan Jepang, namun ia kemudian hijrah ke Yogyakarta berbarengan dengan pindahnya ibukota negara. Di Kota Gudeg, Sulianti kemudian bekerja di RS Bethesda dan menjadi dokter repubiken. 

Kiprah Sulianti yang mempunyai panggilan Julie di antara teman-temannya menjadi dokter perjuangan yang kerap kali rajin mengirimkan obat-obatan untuk para pejuang di kantung-kantung gerilyawan republik dan ikut beberapa organisasi, antara lain Wanita Pembantu Perjuangan, Organisasi Putra Putri Indonesia, dan KOWANI.

Ketangkasan dan kecakapannya dalam bergerak membuat dia dengan leluasa memberikan gagasan-gagasan. Melalui dua media yang berada di Yogyakarta, yakni RRI Yogyakarta dan Koran Kedaulatan rakyat, Sulianti banyak menyampaikan gagasan tentang alat kontrasepsi, pengendalian kelahiran, termasuk pendidikan seks. Buruknya kesehatan yang ada di masyarakat saat itu dan pertumbuhan kelahiran tidak terkendali, bagi Sulianti merupakan sebuah masalah harus segera dicari pemecahannya.

Menurut Wikipedia, banyak jasa dan penghargaan berhasil digaet Julie, di antaranya pernah menjabat Presiden Majelis Kesehatan Dunia (World Health Assembly), selain Rajkumari Amrit Kaur yang berasal dari India. 

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya, sebuah rumah sakit di Jakarta diberi nama sesuai namanya, yakni Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso. (dd)

SOLOTRUST.COM


BERITA TERKAIT