Donald Trump Kritik Film Korea Selatan Parasite sebagai Film Terbaik Academy Award 2020
SOLOTRUST.COM | 26/02/2020 15:15
Donald Trump Kritik Film Korea Selatan Parasite sebagai Film Terbaik Academy Award 2020

Solotrust.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara terbuka mengkritik Academy Awards karena memilih film Korea Selatan "Parasite" sebagai pemenang penghargaan film terbaik (best picture) tahun ini dalam kampanye kepresidenannya.

“Seberapa buruk Academy Awards tahun ini? Pemenangnya adalah film dari Korea Selatan," kata Trump di Colorado, Kamis (waktu setempat) menurut CNN (21/2).

BACA: Kenang Kobe Bryant Michael Jordan: Sebagian dari Diriku Hilang

Ia melanjutkan, "Apa-apaan itu tadi? Kami punya cukup banyak masalah dengan Korea Selatan dengan perdagangan. Dan di atas itu, mereka memberi mereka film terbaik tahun ini?" "Bisakah kita mendapatkan kembali 'Gone with the Wind'? "Sunset Boulevard," begitu banyak film hebat," katanya. "Gone with the Wind" rilis pada 1939, sedangkan "Sunset Boulevard" rilis pada 1950.

"Parasite" diketahui berhasil mencetak sejarah di Piala Oscar. Film arahan sutradara Bong Joon Ho itu memenangkan best picture/film terbaik di Piala Oscar ke-92, yang dihelat (9/2/2020) waktu setempat di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat.

"Parasite" menang dari sederet film lain yakni "The Irishman", "Jojo Rabbit", "Ford v Ferrari", "Little Women", "Joker", "Marriage Story", "Once Upon a Time in Hollywood", dan "1917." Selain itu, "Parasite" juga memenangkan kategori best director, best original screenplay, dan best international feature atau best foreign language film.

Kemenangan "Parasite" adalah pertama kalinya untuk film Korea Selatan di Piala Oscar. Film itu sekaligus merupakan film best international feature pertama (non Bahasa Inggris) yang juga meraih best picture di ajang itu.

Dalam kategori best director, Bong Joon Ho menang dari Sam Mendes dari "1917", Todd Phillips dari "Joker", Martin Scorsese dari "The Irishman", dan Quentin Tarantino dari "Once Upon a Time in Hollywood." Bong Joon Ho pun menjadi sutradara Asia kedua yang memenangkan best director (sutradara terbaik) setelah Ang Lee dari Taiwan dalam film “Life of Pi", yakni pada Piala Oscar ke-85.

Untuk kategori best original screenplay, "Parasite" menang dari "Knives Out" yang ditulis oleh Rian Johnson, "Marriage Story" oleh Noah Baumbach, "1917" oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns, dan "Once Upon a Time in Hollywood" oleh Quentin Tarantino.

Sementara untuk kategori best international feature atau best foreign language film, "Parasite" menang dari "Corpus Christi" dari Polandia, "Honeyland" dari North Macedonia, "Les Miserables" dari Perancis, dan "Pain and Glory" dari Spanyol.

"Parasite" adalah film satir yang menggambarkan sistem kelas sosial yang mengakar melalui kehidupan keluarga kaya dan miskin. Film ini juga berhasil meraih penghargaan film berbahasa asing terbaik di Golden Globe Awards, yang diumumkan (6/1) lalu. Itu juga merupakan pertama kalinya dalam sejarah ada film buatan Korea Selatan yang memenangkan penghargaan Golden Globe. (Lin) 
(wd)

SOLOTRUST.COM


BERITA TERKAIT