Bentrok Warga di Pulau Haruku, Begini Penjelasan Polda Maluku
TERASMALUKU.COM | 27/01/2022 08:26
Bentrok Warga di Pulau Haruku, Begini Penjelasan Polda Maluku
Ilustrasi bentrokan. shutterstock

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Warga Ori dan Kariuw Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku terlibat bentrokan pada Rabu (26/1/2022) dini hari hingga siang.

Bentrok antara kedua kelompok warga bertetangga itu menyebabkan sejumlah rumah warga dibakar, dan dua warga meninggal dunia serta sejumlah lainnya terluka.

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghimbau warga yang berkonflik untuk menahan diri. Saat ini, aparat keamanan sudah dikerahkan dari Kota Ambon untuk meredam bentrokan.

“Benar ada kesalahpahaman di sana sehingga terjadi bentrokan, dan sudah kita dorong pasukan ke sana untuk membantu pengamanan. Dan Bapak Kapolda menghimbau kepada pihak-pihak berkonflik agar dapat menahan diri,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat, Rabu (26/1/2022).

Rum menjelaskan bentrokan ini berawal dari kesalahpahaman antar dua warga yang berasal dari Ori dan Kariuw. Kesalapahaman itu terkait masalah sengketa lahan yang sudah berlangsung lama.

Namun keselapahaman itu memicu konsentrasi warga Ori dan Kariuw, hingga akhirnya terjadi bentrokan pada Rabu (26/1/2022) dini hari hingga siang.

Rum mengatakan akibat bentrok ini, dua warga meninggal dunia, dan sejumlah warga lainnya terluka termasuk aparat kepolisian.

Rum meminta warga agar tidak terpengaruh dengan isu-isu menyesatkan. Pihaknya kini sedang menyelidiki aktor-aktor dibalik insiden tersebut.

“Kami minta warga juga tidak terpengaruh dengan isu-isu menyesatkan, karena kita sudah berada di lokasi untuk melakukan pengamanan, dan penyelidikan,” tegas Rum.

Bahkan, lanjut Rum, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Dandim beserta Bupati Maluku Tengah sedang menuju lokasi kejadian.

“Sekali lagi kami minta warga menahan diri, karena kami sedang melakukan penyelidikan. Kita akan mengambil tindakan tegas kepada pihak-pihak yang terlibat,” pintanya.

terasmaluku.com


BERITA TERKAIT