Dampak Kebakaran Gedung Telkom, 33 ATM di Kota Ambon Tak Berfungsi
TERASMALUKU.COM | 07/02/2019 13:10
Dampak Kebakaran Gedung Telkom, 33 ATM di Kota Ambon Tak Berfungsi
General Manager PT. Telkom (Persero) Wilayah Sulawesi Maluku, Haris Setiawan memberikan keterangan kepada wartawan di depan Kantor Telkom Ambon, Rabu (6/2/2019). FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kebakaran Gedung PT. Telkom Ambon di Jalan Pattimura, Selasa (5/2/2019) menyebabkan jaringan telekomunikasi menggunakan layanan Telkomgrup lumpuh. Meski layanan seperti Telkomsel, IndiHome dan jaringan lainnya sudah mulai berfungsi lagi, namun layanan sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) belum berfungsi dengan baik.

Ada  33 ATM di Kota Ambon yang belum berfungsi. Itu karena ATM  tersebut memakai jaringan dari kabel tembaga. Sedangkan untuk jaringan yang memakai kabel optik sudah bisa berfungsi seperti biasa.”Ada 33 ATM tidak berfungsi karena masih pakai kabel tembaga, kalau yang sudah pakai kabel optik sudah bisa berfungsi,” Kata General Manager PT. Telkom (Persero) Wilayah Sulawesi Maluku, Haris Setiawan kepada wartawan di Ambon, Rabu (6/2/2019).

BACA JUGA: Telkom Terbakar, Disdukcapil Ambon Hentikan Pelayanan Sementara

Dia mengaku, ATM yang masih memakai jaringan tembaga akan digantikan dengan jaringan fiber optik  (FO) agar ATM tersebut dapat segera berfungsi.”Saat ini kita juga pararel menggantikan jaringan tembaga ke jaringan FO,” kata Haris.

Haris juga mengatakan, hal tersebut harus dilakukan karena untuk menghidupkan jaringan tembaga butuh waktu sangat lama, sehingga jaringan tersebut harus diganti dulu.”Kita sudah menurunkan teknisi untuk mengganti jaringan tersebut, laporannya selalu terpantau,” katanya. Tidak hanya ATM, termasuk layanan Telkom lainnya yang masih menggunakan jaringan tembaga jaringannya belum berfungsi.

BACA JUGA: Harap Bersabar, Dua Minggu Lagi Telkomsel Di Ambon Pulih

Terkait penyebab kebakaran, Haris mengatakan pihaknya menunggu penyelidikan yang dilakukan aparat kepolisian. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Makassar juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kebakaran  Gedung Telkom Ambon di Jalan Pattimura, Rabu (6/2/2019). (ALFIAN SANUSI)

TERASMALUKU.COM


BERITA TERKAIT