Penerimaan Pajak Di BPPRD Kota Jambi Turun Rp5 M Dari Tahun Sebelumnya
JAMBERITA.COM | 27/07/2021 17:35
Penerimaan Pajak Di BPPRD Kota Jambi Turun Rp5 M Dari Tahun Sebelumnya
Ilustrasi Pajak. shutterstock.com

JAMBERITA.COM - Pajak yang terkumpul di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi hingga triwulan kedua ini sebesar Rp21 milliar. Jumlah tersebut turun Rp 5 milliar dari tahun sebelumnya.

"Sampai dengan triwulan kedua pajak yang terkumpul tahun 2020 sebanyak Rp 26 milliar. Sekarang di triwulan yang sama hanya Rp 21 milliar, turun kurang lebih Rp 5 milliar," jelas Kepala BPPRD Kota Jambi, Nela Ervina. Selasa, (27/7/2021).

Nella mengatakan, penurunan pajak dikarenakan dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Dimana hal ini sangat berpengaruh bagi pemasukan sektor yang dikenakan wajib pajak.

"Karena PPKM di Kota Jambi banyak wajib pajak yang tutup dan ada juga pengurangan karyawan. Karena pajak kita dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat," terangnya.

Sekto terbesar yang berdampak bagi penurun jumlah pajak di Kota Jambi, dijelaskan Nela berasal dari pajak hotel, restoran hingga hiburan dan tempat bermain anak.

"Penurunan paling besar dari hiburan dan permainan anak, baru 5 persen," ujarnya.

Sementara itu, untuk pajak yang tetap sama dan konsisten berasal dari pajak penerangan jalan dan reklame.

"Penerangan jalan dan reklame masih sama perbulan. Berbeda dengan pajak yang butuh aktifitas masyarakat. Misalnya air tanah yang banyak digunakan hotel, jika aktivitas sedikit maka pajaknya juga kecil," pungkasnya.

jamberita.com


BERITA TERKAIT