4 Pemudik dari Medan Menumpang di Mobil Baru yang Dikirim Dealer ke Lampung
JAMBERITA.COM | 11/05/2020 16:40
4 Pemudik dari Medan Menumpang di Mobil Baru yang Dikirim Dealer ke Lampung

JAMBERITA.COM - Berbagai cara dilakukan demi bisa melakukan perjalanan mudik dan melewati posko penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) agar bisa sampai ke kampung halaman.

Tapi sayang, cara yang dilakukan pemudik agar bisa berjalan mulus untuk menempuh ke kampung halamannya ketahuan oleh petugas gabungan Covid-19 meski pemudik rela bersembunyi didalam mobil pribadi (baru) milik dealer yang akam dikirim ke Lampung.

Sayangnya modus baru yang dilakukan pemudik untuk mengelabuhi petugas pengecekan Pos Pam penanganan Covid-19 saat melintas di Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Jum'at malam (8/5/2020) ketahuan.

Dimana 4 orang pemudik tersebut berasal dari Medan dengan tujuan Lampung sehingga rela menumpang mobil pribadi (mobil baru) milik salah satu Dialer yang akan dikirim ke Lampung.

Menurut keterangan sang sopir, penumpang yang dibawanya dari Medan tersebut hendak pulang ke Lampung, karena satu arah maka sang sopir menumpangi keempat pemudik tersebut hingga sampai ke Lampung.

Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto SIK turun langsung memeriksa kendaraan yang melintas di wilayah perbatasan Kabupaten Muaro Jambi dan Palembang tersebut dan menemukan para pemudik yang ingin mengelabuhi petugas pengecekan Pos Pam penanganan Covid-19.

"Ini modus baru yang dilakukan pemudik, yang mana mereka menumpang di mobil pribadi milik salah satu Dialer yang akan dikirim ke Lampung," ujarnya, Minggu (10/5/2020).

Kapolres menyampaikan pihaknya akan mempersilahkan sang sopir untuk lewat apabila sendirian dan memang benar akan mengantarkan mobil baru tersebut dan jangan menjadikan alasan dengan mengantarkan mobil ke salah satu Dialer di Lampung untuk bisa lolos di Pos pemeriksaan penanganan Covid-19.

"Kalau alasan sopir, mereka menumpang dari Medan ke Lampung, kita cek terlebih dahulu kesehatan para pemudik, serta memeriksa bawaan mereka, selanjutnya kita perintahkan untuk putar balik," jelasnya.

Selain itu, kepolisian juga memeriksa mobil truk yang ditutup bak belakangnya, yang mana berkemungkinan ada pemudik yang bersembunyi didalam untuk bisa lolos dari pemeriksaan penanganan Covid-19.

"Hingga saat ini Polres Muaro Jambi bersama instansi terkait penanganan Covid-19 telah memerintahkan kurang lebih 200 pengendara untuk balik ke daerah asalnya," terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya para pemudik untuk mematuhi peraturan pemerintah dengan menunda mudik guna memutus penyebaran virus Covid-19.(afm)

JAMBERITA.COM


BERITA TERKAIT