Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola Sebutkan Orang-orang yang Meminta Proyek Kepadanya
JAMBERITA.COM | 23/01/2020 15:45
Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola Sebutkan Orang-orang yang Meminta Proyek Kepadanya
Terdakwa kasus suap dan gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Zumi Zola. ANTARA

JAMBERITA.COM - Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola menyebut beberapa nama yang meminta proyek langsung ke dirinya. Ini disampaikannya saat menjadi saksi di Pengadilan Tipikor PN Jambi pada Kamis (23/1/2020).

BACA: Zola Sempat Sampaikan ke Pimpinan DPRD jika Tak Punya Uang Bayar Uang Ketok Palu

Dalam keterangannya, Zola menyebutkan mantan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston (CB) pernah meminta proyek senilai 50 Miliar kepada dirinya. Permintaan itu disebutkan saat sebelum paripurna di DPRD.

"Sidang paripurna terkait apa saya lupa. Cuma permintaan itu tidak saya jawab saat itu dan juga tidak direalisasikan," kata Zola, Kamis (23/1/2020).

BACA: Sidang Elhelwi dkk Dimulai, Zola Didahulukan Diperiksa Karena Tiket Pulang Sudah Dipesan

Ia menyebutkan, selain dari CB, Rahima juga meminta proyek kepada dirinya yang pengerjaannya berada di Bungo. "Atas permintaan itu, kami juga tidak realisasikan," ucapnya.

Hakim pun menanyakan siapa Rahima dan dijawab Zola merupakan istri Gubernur Jambi saat ini. Saat dia menjadi gubernur, Rahima Anggota dewan dari Demokrat.

Lalu, ada Supardi Nurzain dan Gusrizal pernah meminta proyek kepadanya. Tapi mereka menyampaikannya sambil bercanda.

BACA: Dicerca Hakim Masalah Uang Ketok Palu, Zola: Kami Sudah Dipenjara

"Pernah mereka datang untuk minta proyek," sebut Zola, Kamis (23/1/2020).

Ia menyebutkan, terhadap permintaan itu, pihaknya tidak tanggapi ataupun bertanya mau proyek yang mana. Karena saat itu permintaan tersebut sambil bercanda.

"Karena meminta proyek saat itu bercanda, jadi hanya saya tanggapi dengan tertawa saja," jawabnya. (am)


BERITA TERKAIT