Misteri Gerhana Matahari Cincin, Penampakan di Jambi Siang Bolong seperti Petang
JAMBERITA.COM | 26/12/2019 14:35
Misteri Gerhana Matahari Cincin, Penampakan di Jambi Siang Bolong seperti Petang

AMBERITA.COM- Fenomena gerhana matahari terlihat  di Kota Jambi siang ini  Kamis (26/12/2019). Berdasarkan pantauan Jamberita.com, gerhana terlihat sekitar pukul 12.10 hingga beberapa menit. Matahari yang berada tepat di atas kepala terlihat seperti bulan sabit. Meski langit berawan, gerhana masih terlihat jelas.

Beberapa warga Kota Jambi pun terlihat mengabadikan momen ini. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) Provinsi Jambi sebelumnya merilis Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi di beberapa bagian wilayah Indonesia, pada hari ini Kamis (26/12). 

BACA: Gerhana Matahari, ratusan personil Korem 042 Gapu Shakat Kusuf

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kurnia Ningsih, Kasi data dan Informasi Badan Meterologi dan Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) Provinsi Jambi.

Ia mengatakan, gerhana matahari sendiri merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Sehingga tidak semua cahaya matahari sampai ke bumi.

Peristiwa ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan matahari, bumi, dan bulan. Saat terjadinya gerhana matahari cincin maka kondisi cuaca akan berubah menjadi gelap.  "Karena dalam proses gerhana matahari cincin, bulan akan menutupi secara penuh piringan matahari, sehingga suasana diperkirakan akan gelap," katanya.

Namun kata dia, kondisi cuaca yang gelap itu hanya terjadi di beberapa wilayah saja. Karena tidak semua wilayah di Indonesia bisa melihat gerhana matahari cincin seutuhnya. "Hanya ada tujuh wilayah di Indonesia yang bisa melihat gerhana matahari cincin secara penuh. Di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur," ujarnya.

Sementara untuk Jambi, dirinya mengatakan hanya bisa melihat sebagian dari gerhana matahari cincin. “Kota Jambi tidak akan terlihat gelap, karena GMC tidak terlihat utuh di Jambi. Nanti yang akan terlihat penuh sekali GMC nya di daerah Riau tepatnya di Bengkalis,” kata dia.(sm)

JAMBERITA.COM


BERITA TERKAIT