MA Beri Korting Hukuman 9 Tahun, Napi Bandar Narkoba Ini Langsung Cabut dari Nusakambangan
JAMBERITA.COM | 13/12/2019 09:20
MA Beri Korting Hukuman 9 Tahun, Napi Bandar Narkoba Ini Langsung Cabut dari Nusakambangan

JAMBERITA.COM - Didin alias Dinding sudah tiba di rumahnya di Jambi. Ini setelah dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan.

Dia dibebaskan setelah putusan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya diterima oleh Mahkamah Agung  (MA).

Kuasa hukum Dinding, Abdul Hair, mengatakan, setelah putusan PK itu diterima pihaknya langsung mengurus administrasi pemebebasan kliannya ke Lapas Jambi, untuk diserahkan ke Lapas Nusa Kambangan.

BACA: Kembalikan Uang Ketok Palu ke KPK, Syahbabdar: Daripada Tidak Tenang, Itu Juga Bukan Duit Saya

"Hari Selasa kemarin, kita mengurus surat (pembebasannya) dan suratnya langsung kita kirim ke Lapas Nusa Kambangan," ujar Abdul Hair, ketika dikonfirmasi, Kamis (12/12/2019).

Selanjutnya kata Hair, pada Rabu (11/12/2019) kemarin Diding dibebaskan dari Lapas. "Hari ini, dia (Diding) sudah sampai di rumah di Jambi," tandas Hair lagi.

Untuk diketahui, sebelumnya Diding didakwa sebagai bandar narkoba, oleh Pengadilan Negeri (PN) Jambi dia divonis 1 tahun penjara. Kemudian putusan kasasi, MA manaikan hukuman Diding menjadi 10 tahun.

Tidak terima dengan putusan itu, Diding mengajukan PK. Hasilnya putusan PK membuat hukuman menjadi 1 tahun seperti yang dijatuhkan pengadilan tingkat pertama. 

 

Kasi Penkum Kejati Jambi Lexy Fhatarani mengatakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jambi telah menerima salinan putusan Peninjauan Kembali (PK) perkara pidana narkotika, Selasa (10/12/2019).

BACA: 2,5 Tahun Untuk Asiang, Penasihat Hukum Sebut Akan Diskusi Dengan Klien

"Atas nama terpidana Diding bandar narkoba Pulau Pandan Jambi, putusan PK menjatuhkan pidana 1 tahun," ujarnya, Rabu (11/12/2019).

Menurut Lexy, Informasi dari jpu terpidana berada di nusakambangan dan pelaksanaan tersebut tidak menjadi hambatan karena pemindahan."Memang dilaksanakan oleh Lapas/ Kemenkumham," jelasnya(afm)

(*/sm)

JAMBERITA.COM

 
 

BERITA TERKAIT