3 Putra Kerinci Ini Mencuat, Ini Peluangnya di Pilgub Jambi
JAMBERITA.COM | 12/06/2019 12:09
3 Putra Kerinci Ini Mencuat, Ini Peluangnya di Pilgub Jambi

JAMBERITA.COM - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020, sejumlah nama dari Kerinci mencuat.

Diantaranya ada Brigjen Syafril Nursal, Bupati Kerinci Adirozal dan Asyafri Jaya Bakri (AJB), Walikota Sungai Penuh.

Pengamat Politik dari Unja Rendra mengatakan saat ini yang sudah menunjukkan sinyal maju adalah AJB. Makanya, AJB akan memanfaatkan masa jabatan 2 periode yang habis bersamaan dengan pemilihan gubernur.

Baca juga: Arus Balik Penumpang Kapal Tujuan Batam Membludak

Menurutnya, AJB juga akan menjadikan momen ini untuk menggalang dukungan dari kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci untuk suksesi Fikar Azami untuk maju menjadi Walikota. Karena cantolan politiknya semakin luas.

"Sambil nyelam minum air, pilwako bisa jadi target utama untuk mengantarkan anak beliau Fikar Azami maju pilwako Sungai Penuh, dengan kekuatan cantolan politik yang luas. Pilgub menjadi directnya," katanya kepada jamberita.com.

Bagi AJB, jika skenario pilgub ini jalan maka untuk pilwako bagi Fikar tidak terlalu sulit untuk memenangkan kontestasi pilwako Sungai Penuh.

Bagaimana dengan peluang di pilgub? Di Pilgub AJB akan sulit mendulang suara maksimal di Kerinci, karena massa rivalitas Fikar akan terbelah untuk pilgub yang jumlahnya paling tidak bisa mencapai 40-45 persen.

Di Kerinci pun akan terjadi pembelahan suara, akibat sikap front yg dibangun AJB berafiliasi dgn Zainal melawan Incumbent Adirozal. Kekuatan dan jaringan Tim Adirozal paling tidak secara pasif akan memblok diri untuk AJB di Pilgub atau secara aktif akan berafiliasi dengan figur lain selain dari Kerinci.

Bagaimana dengan Adirozal? Dalam analisis Rendra, diprediksi tidak akan maju pada Pilgub kali ini.(*/sm)

jamberita.com


BERITA TERKAIT