Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Upayakan Tiga Nama Pejuang Jambi Ini Menjadi Pahlawan Nasional
JAMBERITA.COM | 01/03/2019 14:24
Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Upayakan Tiga Nama Pejuang Jambi Ini Menjadi Pahlawan Nasional

JAMBERITA.COM- Kepala Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar mengatakan 2020 akan mendaftarkan tiga nama tokoh perjuangan untuk menjadi pahlawan nasional. Mereka adalah, Raden Mattaher, Depati Parbo dan Kolonel Abunjani.

Hingga saat ini, Provinsi Jambi hanya memiliki satu nama pahlawan nasional yaitu SultanThaha Saifuddin.

Arief mengatakan dari sisi sejarah tiga tokoh pejuang tersebut sudah bisa untuk diajukan ke Kementerian Sosial RI. Akan tetapi ada syarat teknis yang belum lengkap sehingga belum bisa diajukan ke pusat. "Yang tidak ada buku perjuangan, dan Focus Group Discussion (FGD). Nantinya untuk pengumpulan data akan melibatkan ahli sejarah, veteran hingga keluarga pejuang itu sendiri. Pun begitu juga dengan saat adanya seminar nantinya," ungkapnya, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: Sukseskan Pemilu Serentak, Wali Kota Fasha Hadiri Rakornas Kewaspadaan Nasional

Menurut Arief, tiga nama pejuang Jambi itu sangat berpotensi untuk diajukan menjadi pahlawan nasional. Makanya buku dan FGD harus dirampungkan. Arif mengatakan mereka sudah melakukan pemetaan tugas untuk memenuhi persayaratan, seperti misalnya menugaskan Kepala Bidang Sosial agar bekerjasama dengan Kabupaten guna mewujudkan buku perjuangan tersebut.

"Kita kira tahun ini bisa dianggarkan, sedangkan untuk realisasinya dilakukan tahun depan. Sebenarnya tidak banyak kisaran Rp 150 juta untuk membuat buku itu, namun nanti akan kita efisienkan juga mengingat sekarang sudah zaman E-Book (Gadjed,red)," terangnya.

Dia juga menegaskan ini nantinya menjadi tugas khusus dari bidang yang menaungi pengurusan ini."Intinya saya sudah tugaskan khusus paling tidak tahun mendatang ada pahlawan yang bertambah di nasional," sampainya.

Setelah syarat teknis ini lengkap, kata Arief, barulah akan diajukan ke Kementerian sosial untuk melewati tahapan selanjutnya.

Baca juga: Evakuasi Dampak Banjir, Dandim 0419/Tanjab Pesan ke Masyarakat Bisa Hubungi Babinsa

Sedangkan arti penting bertambanhnya pahlawan nasional ini sendiri bagi Jambi, kata Arief adalah dapat menunjukkan bahwa Jambi juga ikut dalam berjuang saat mengusir penjajah dari negeri ini, yang tak kalah penting itu untuk memupuk rasa nasionalisme pada anak muda Jambi, yang dapat lebih bangga pahlawannya bisa diakui secara nasional.

"Kita optimis, apalagi nama ketiganya kan sudah menjadi nama tempat penting seperti Rumah Sakit (RS) Raden Mattaher di Kota Jambi,  RS Kolonel Abundjani di Merangin, dan Bandara Depati Parbo di Kerinci, maupun nama jalan di masing-masing daerah,"jelasnya.

Kedepan, Arief menyebutkan agar masyarakat juga bersabar karena pihaknya juga tengah mengusahakan label nasional ini pada pejuang Jambi. "Jadi kita akan mengusahakan sekuat tenaga untuk pembuatan buku dan Seminar (FGD) nantinya," pungkasnya.(afm)

jamberita.com


BERITA TERKAIT