1.733 Ton Inti Kelapa Sawit Asal Boven Digoel Dikirim Ke Bontang
METROMERAUKE.COM | 06/08/2021 13:43
1.733 Ton Inti Kelapa Sawit Asal Boven Digoel Dikirim Ke Bontang
Kelapa Sawit

Metro Merauke – Sebanyak 1.733 ton inti kelapa sawit diperiksa pejabat Karantina Pertanian Merauke sebelum dikirim ke Bontang, Kalimantan Timur, menggunakan KM Victory 08. Pemeriksaan terlebih dahulu dilakukan di dalam gudang inti sawit PT Bio Inti Agrindo.

Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman mengatakan, pihaknya mendukung percepatan sistem perdagangan nasional, dengan memastikan media pembawa yang dilalulintaskan tidak membawa OPT/OPTK. 

“Dalam mengurus permohonan secara daring, melalui aplikasi Permohonan Pemeriksaan Karantina (PPK) Online. Pejabat Karantina lanjut dengan pemeriksaan fisik,” jelas Sudirman.

Dikatakannya, inti sawit menjadi salah satu komoditas unggulan Boven Digoel. Nilai ekonomi komoditas pertanian yang satu ini sebesar Rp10,57 Miliar. 

Dimana, inti kelapa sawit yang mengandung protein, lemak, serat kasar dan kaya akan mineral merupakan produk akhir dari industri pembuatan minyak kelapa sawit, dapat digunakan sebagai bahan pakan untuk ternak. 

Permintaan inti kelapa sawit dalam negeri cukup signifikan, sehingga, lanjut Sudirman, tak jarang dilalulintaskan dari daerah sentra sawit ke beberapa daerah untuk diolah dan diproses lebih lanjut. 

Sebelum dilalulintaskan, Pejabat Karantina Pertanian Merauke melakukan pemeriksaan, tujuannya untuk memastikan kebenaran jenis dan jumlahnya. “Setelah melakukan proses pemeriksaan, Kamis (05/08/2021) telah diberangkatkan menuju Bontang,” tukasnya. 

metromerauke.com


BERITA TERKAIT