Pencari Kerja Dalam dan Luar Negeri Berbondong-bondong Serbu Sukoharjo
KRJOGJA.COM | 20/07/2018 15:05
Pencari Kerja Dalam dan Luar Negeri Berbondong-bondong Serbu Sukoharjo

SUKOHARJO, KRjogja.com - Jumlah tenaga kerja dari luar daerah maupun luar negeri yang masuk ke Sukoharjo terus menunjukan peningkatan signifikan. Hal tersebut terjadi seiring semakin berkembangnya industri. Diperkirakan sekarang angkanya mencapai ribuan orang. Mereka tidak sekedar bekerja namun juga tinggal disejumlah wilayah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan, Jumat (20/7) mengatakan, pekerja dari luar daerah dan luar negeri masuk bekerja di Sukoharjo diberbagai sektor baik formal maupun non formal. Mereka bekerja secara resmi sesuai dengan aturan berlaku.

Sebelum bekerja para pekerja tersebut telah memenuhi kualifikasi dimasing masing industri yang dimasuki. Selama bekerja mereka juga wajib melaporkan keberadaanya secara resmi ke dinas.

Baca juga: Ingin Naik Haji, Warga Sukoharjo Harus Menunggu Selama 20...

Data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo diketahui pekerja dari luar daerah maupun luar negeri yang masuk kebanyakan bekerja di sektor industri tekstil, garmen dan lainnya. Selain itu ada juga bekerja disektor formal seperti hotel, mall, rumah makan, rumah sakit dan lainnya.

“Disatu sisi industri di Sukoharjo berkembang dan menarik minat banyak pekerja dari berbagai daerah dan luar negeri masuk. Kami selektif ikut pengawasan agar kedepan jangan terjadi masalah berkaitan dengan ketenagakerjaan,” ujar Zunan.

Zunan menjelaskan, keberadaan industri dan pekerja saling menguntungkan masing masing pihak. Pemerintah berada diposisi tengah untuk membantu menyelesaikan apabila terjadi masalah. Salah satunya berkaitan dengan perselisihan ketenagakerjaan semisal pembayaran gaji atau upah, pemutusan hubungan kerja dan sengketa lainnya.

Masuknya pekerja dari berbagai daerah juga harus diantisipasi berkaitan dengan potensi masalah yang bisa muncul. Seperti tempat tinggal dengan menyediakan mess atau rumah bagi para karyawan.

“Sukoharjo kedepan seperti halnya Jakarta dimana banyak diserbu para pencari kerja. Sebab disini menjadi pusat industri dan butuh persiapan dalam skala global. Beruntung sudah ada Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Joho yang ditempati pekerja dari salah satu industri,” lanjutnya.

Pekerja asal Sukoharjo yang mencari kerja di luar daerah atau luar negeri semakin menurun. Sebab mereka sudah mendapatkan pekerjaan di daerahnya sendiri. 
“Untuk minat orang Sukoharjo bekerja ke luar negeri ada tapi sangat sedikit. Mereka lebih tertarik bekerja di daerah sendiri karena sudah tersedia banyak lapangan kerja. Apalagi juga bisa dekat dengan keluarga,” lanjutnya.
 
Camat Grogol Bagas Windaryatno mengatakan, di wilayahnya banyak berdiri tempat usaha dan sebagian besar pekerja berasal dari orang Sukoharjo. Namun tidak sedikit pekerja disana merupakan pendatang dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

“Sektor industri di Kecamatan Grogol bergerak diberbagai usaha dan menarik minat pekerja baik orang Sukoharjo, luar daerah dan luar negeri. Maka kami juga membantu melakukan pengawasan berkaitan dengan izin termasuk pemantauan lingkungan,” ujarnya. (Mam)


BERITA TERKAIT