Polres Gunungkidul Siagakan Petugas Ganjal Ban di Jalur Wonosari-Yogya
KRJOGJA.COM | 11/06/2018 17:40
Polres Gunungkidul Siagakan Petugas Ganjal Ban di Jalur Wonosari-Yogya
Polres Gunungkidul mensiagakan petugas ganjal ban di jalur Wonosari-Yogya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Operasi Pengamanan Idul Fitri 1439 Hijriyah Kepolisian Gunungkidul, Polda DIY bersandi Operasi Rahmadania Progo 2018 di Kabupaten Gunungkidul akan dilaksanakan mulai Jumat (08/06/2018) lusa. Operasi gabungan melibatkan berbagai unsur terkait ini khusus di lingkungan Kepolisian Gunungkidul akan menerjunkan dua pertiga dari seluruh kekuatan atau sebanyak 745 personel untuk mensukseskan operasi pengamanan Lebaran dengan prioritas pusat-pusat konsentrasi massa.

“Tim pengamanan Lebaran nantinya akan dilakukan terpadu melibatkan TNI, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI/JZ 12 ZWD) dan jajaran terkait lainnya,” kata Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady SH SIK didampingi Kasubag Humas Iptu Ngadino.

Tahun ini terdapat 37 pos terdiri 2 Pos Pengamanan (Pospam) pelayanan di ruas jalan Yogya-Wonosari (Hargodumilah) dan Pantai Baron dan 2 Pos Pelayanan (Posyan) di Pasar Argosari, Wonosari, Semin dan di Pos Pelayanan di Pantai Pulangsawal. Selain itu juga akan dibangun 1 pos terpadu di ruas Jalan Wonosari-Yogya tepatnya di Siyono, Playen, Gunungkidul.

Baca juga:

Pos pengamanan Lebaran lainnya termasuk pos pantau sebanyak 21 titik nantinya akan dibangun yakni di Kalipentung, Pedotan Wetan, Pasar Buah, Sambipitu, Rest Area, Gading, Pancuran, Karangmojo, Selang, Wukirsari, Sumur Bor, Mulo, Jalan Baron, Kukup, Sepanjang, Krakal, Soka, Slili, Tepus dan Bajing Lemu. “Tim pengamanan ini seluruhnya tergabung dalam operasi bersandi “Rahmadania Progo 2017 khusus Polri melibatkan dua pertiga dari seluruh kekuatan,” imbuhnya.

Pertimbangan untuk mendirikan pos pelayanan terpadu di Siyono, Playen didasarkan atas banyak pertimbangan baik dari faktor strategis dan terbanyak menjadi pusat konsentrasi masa, daerah perlintasan maupun pertimbangan tingkat kepadatan arus lalu-lintas selama menjelang dan setelah Lebaran. Pos ini tahun-tahun sebelumnya dibangun di sekitar Rest Area Hutan Bunder Kecamatan Patuk.

Untuk pospam wisata meliputi Embung Nglanggeran, Air Terjun Sri Gethuk, Goa Pindul, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Sundak, Wediombo, Baron dan Nglambor. Mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan lalu-lintas baik ruas jalan WonosariYogya, arah Pantai selatan akan ditempatkan petugas ganjal ban.

Pada titiktitik jalan dari timur hingga barat sepanjang jalur pantai ditempatkan 10 personel kepolisian. Mengingat objek wisata pantai akan menjadi daerah padat pada kunjungan wisatawan liburan Idul Fitri. (Bmp/Ded)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT