Sebagian Puskesmas di Kulonprogo Belum Siap Vaksin Booster
KRJOGJA.COM | 15/01/2022 15:13
Sebagian Puskesmas di Kulonprogo Belum Siap Vaksin Booster
ilustrasi - Dokter memegang botol ampul kaca mengandung sel molekul virus corona Covid-19 asal Inggris yang telah mengalami mutasi RNA menjadi varian baru. (ANTARA/Shutterstock/pri.)

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Belum semua pelayanan kesehatan Puskesmas di Kulonprogo siap memberikan suntikan vaksin booster. Pada pelaksanaan hari pertama, Kamis (13/01/2022) masih terlihat sepi.

Kepala Puskesmas 1 Pengasih, dr Yusniar Ridani mengungkapkan di tengah masih memberikan suntikan vaksin dosis satu dan dosis dua, Puskesmas 1 Pengasih sudah memberikan pelayanan vaksin booster. Menurutnya, masih memiliki persediaan vaksin Astra Zeneca.

Tahapan pelayanan pemberian vaksin ketiga dan sosialisasi dilaksanakan secara bersamaan sehingga belum banyak yang datang ke Puskesmas. ”Persediaan vaksin Astra Zeneca masih ada tetapi belum banyak yang minta di vaksin booster. Sekarang petugas masih mensosialisasikan pelaksanaannya ke kalurahankalurahan,” ujar Yusniar Ridani

Koordinator Imunisasi (Korim) Puskesmas 1 Pengasih, Winarto menjelaskan jadwal pemberian vaksin booster di Selasa, Rabu dan Kamis. Jadwal vaksin booster sama dengan pemberikan vaksin dosis satu dan dosis dua. ”Tadi sudah ada yang datang ke sini, minta vaksin booster tetapi belum banyak,” tuturnya.

Sedangkan informasi yang berhasil dihimpun di Puskesmas 1 Sentolo, menyatakan sedang mempersiapkan jadwal untuk pemberian suntikan vaksin booster. Petugas tim medis masih menuntaskan pemberian vaksin dosis satu dan dosis dua untuk anak usia 6 sampai 12 tahun.

Puskesmas 1 Sentolo memberikan pelayanan suntikan vaksin tiap minggunya, di Selasa dan Kamis. Petugas juga melakukan pelayanan dengan sistem jemput bola dari rumah ke rumah.

Menurutnya, pimpinan Puskesmas sedang mengkoordinasikan persiapan pelaksanaan vaksin booster dengan Dinkes (Dinas Kesehatan). Sekarang masih dalam pengaturan jadwalan, mungkin seperti jadwal rutin yang sudah berjalan di Selasa dan Kamis.

”Mungkin baru minggu depan, sekitar tanggal 20 Januari, mulai pelayanan vaksin booster,” tutur Agus Haryanto, seorang petugas Puskesmas 1 Sentolo.

krjogja.com

 

BERITA TERKAIT