Bupati Resmikan Pasar SSenja, Poros Penggerak Ekonomi Rakyat di Sentolo
KRJOGJA.COM | 27/02/2021 10:44
Bupati Resmikan Pasar SSenja, Poros Penggerak Ekonomi Rakyat di Sentolo
Aneka kuliner nusantara. Dok Eat

KULONPROGO, KRJogja.com – Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo meresmikan Pasar SSenja (Salamrejo Sentolo Enak Jajane) di Kompleks Pasar Percontohan Sentolo, Kalurahan Salamrejo, Kapanewon Sentolo, Jumat (26/2). Keberadaan pasar yang terletak di pinggir jalan Nasional tersebut diharapkan bisa mendukung penguatan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19. “Tidak bisa dipungkiri pada masa pandemi Covid-19 memang memaksa setiap orang untuk mempertahankan ekonominya. Tapi upaya penguatan ekonomi tersebut harus tetap aman dari penularan virus utamanya Covid-19,” kata bupati didampingi Wabup Fajar Gegana.

Nampak hadir Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati dan Dandim 0731/ Kulonprogo Letkol Inf Yefta Sangkakala. Lebih lanjut Sutedjo mengungkapkan, pasar merupakan salah satu poros penggerak ekonomi rakyat, tempat menawarkan dan menjual berbagai hasil bumi maupun produk industri. Hadirnya pasar juga diharapkan mampu menggemakan semangat Bela Beli di Kulonprogo.

“Saya berharap Pasar SSSenja yang merupakan salah satu pusat kuliner di Kulonprogo akan memberi manfaat sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19. Sekaligus mempermudah masyarakat dalam mendapatkan jajanan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat, Iffah Mufidati SH menjelaskan, Pasar SSenja merupakan salah satu pusat kuliner yang buka sore hingga malam hari. Lokasi pasar tersebut memanfaatan lahan parkir yang berada di depan Pasar Percontohan Sentolo.

Pihaknya berharap 35 pedagang dengan berbagai macam kuliner seperti angkringan dan makanan ringan yang mereka tawarkan di Pasar SSenja mampu menghidupkan suasana Sentolo pagi hingga malam hari. “Kami berharap dengan hadirnya Pasar SSenja mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah Salamrejo selama 24 jam. Kalau pagi pasar ini dimanfaatkan sebagai pasar tradisional dan sorenya bisa dioptimalkan dengan bukanya Pasar SSenja. Dengan demikian perekonomian masyarakat meningkat,” harap Iffah.

Lurah Salamrejo, Dani Pristiawan mengatakan, kehadiran Pasar SSenja sangat bermanfaat bagi masyarakat Salamrejo. Pasar tersebut akan dikelola BumDes Danareja Mandiri. Pihaknya berharap ke depan ada dukungan fasiltas penunjang bagi pengunjung. Seperti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), fasilitas itu penting mengingat Pasar SSenj berada di pinggir jalan Nasional yang lalu lintasnya cukup padat. 

krjogja.com


BERITA TERKAIT