Rupa-rupa Jimat yang Dibawa Peserta Tes CPNS di Magelang, Ada yang Mengaku Doa Ibu
KRJOGJA.COM | 19/02/2020 16:30
Rupa-rupa Jimat yang Dibawa Peserta Tes CPNS di Magelang, Ada yang Mengaku Doa Ibu
Keluarga peserta tes maupun lainnya saat menyaksikan hasil tes dari layar monitor. (Thoha)

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sejumlah benda yang diduga jimat atau rajah ditemukan pada saat pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun 2019 yang berlangsung di GOR Samapta Kota Magelang.

Tes SKD CPNS yang berlangsung sejak Tanggal 1 Februari 2020 sudah rampung, Selasa 18 Februari 2020). Tes ini diikuti dari Pemerintah Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang dan terakhir Kabupaten Purworejo.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Purworejo drg Nancy Megawati mengatakan selama pelaksanaan tes untuk wilayah Kabupaten Purworejo panitia juga sempat menemukan beberapa barang yang diduga jimat atau rajah yang dibawa peserta.

Nancy mengatakan setiap peserta tes dilakukan pemeriksaan sebelum mereka menunggu di lokasi tempat menunggu dan sebelum memasuki ruang tes. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan diri setiap peserta, baik dengan menggunakan alat metal detector maupun secara manual.

Ada beberapa panitia yang melakukan pemeriksaan. Saat dilakukan pemeriksaan secara manual, ada peserta yang membawa barang yang terbungkus rapi dengan lembaran plastik tersimpan di saku pakaiannya. Ada juga yang bentuknya seperti minyak wangi maupun lainnya.

Mengetahui hal ini, panitia meminta agar barang-barang tersebut tidak boleh dibawa masuk ke ruang tes. Ada salah satu peserta yang menyerahkan barang yang dibawanya dengan kondisi tangan bergetar, dan ada juga yang menanyakan apakah barang tersebut nantinya boleh dibawa pulang.

Ada juga peserta yang diketahui menyelipkan lipatan kertas dan ada tulisan khusus pada ikat pinggangnya, dan ada juga yang mengatakan barang yang dibawa merupakan doa ibu.

Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional 1 (Kanreg 1) Yogyakarta, yang juga sebagai Koordinator Titik Lokasi (Tilok) pelaksanaan CAT SKD CPNS Tahun 2019 di GOR Samapta Kota Magelang, Suratini SSos kepada KRJogja.com mengatakan pelaksanaan tes kali ini jauh lebih baik dibanding pelaksanaan tes tahun lalu di Gedung Wiworo wiji Pinilih Kota Magelang. (Tha)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT