Stok Vaksin Polio di Yogya Habis
KRJOGJA.COM | 12/02/2020 17:10
Stok Vaksin Polio di Yogya Habis

YOGYA, KRJOGJA.com – Vaksin polio yang dimiliki pemerintah mengalami kekosongan di awal tahun ini. Meski demikian warga yang memiliki bayi atau balita tidak perlu khawatir dengan penundaan pemberian salah satu imunisasi wajib tersebut.

Menurut Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogya Endang Sri Rahayu, pihaknya mengandalkan persediaan vaksin dari pemerintah pusat. “Pada pertengahan 2019 untuk vaksin polio dari pusat mulai habis. Namun kami melakukan pengadaan dengan APBD,” jelasnya, Selasa (11/2/2020).

BACA: Gunakan Dua Metode, Sensus Penduduk 2020 Sasar Kaum Milenial

Pengadaan vaksin dengan APBD tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa capaian universal child immunization (UCI) sesuai dengan target, khususnya untuk polio. Capaian UCI untuk polio di Yogyakarta sudah lebih dari 95 persen atau melebihi batas minimal yang ditetapkan.

Vaksin yang dibeli Kota Yogya mencapai sekitar 350 vial vaksin polio. Satu vial bisa digunakan untuk pemberian vaksin kepada lima anak. Saat ini vaksin polio hasil pengadaan APBD juga sudah mulai kosong di sejumlah puskesmas. Sehingga ada beberapa anak balita yang harus menunda imunisasi polio sampai vaksin kembali tersedia.

“Tidak perlu khawatir saat harus menunda pemberian vaksin polio. Toleransi waktu penundaan imunisasi bisa dilakukan hingga maksimal satu tahun,” imbuhnya.

Pada awal tahun ini pihaknya tidak mengalokasikan anggaran pembelian vaksin agar tidak tumpang tindih dengan pemerintah pusat. Jika terjadi penumpukan vaksin justru menjadi tidak efektif.

Diharapkan pengadaan vaksin polio dari pemerintah pusat sudah bisa terpenuhi pada akhir bulan ini. Kelak pihaknya pun akan mengajukan vaksin polio sesuai kebutuhan, yakni untuk 3.556 bayi yang dilahirkan pada tahun 2019.

BACA: Optimalkan Pajak, Resto-Hotel di Gunungkidul Dipasang Sistem Online

Sementara Kepala Puskesmas Gedongtengen Tri Kusumo Bawono, mengatakan vaksin polio di tempatnya mulai kosong sejak kemarin. Terdapat 20 anak yang masuk waiting list vaksinasi polio.

“Sejak September 2019 vaksin dari pusat sudah kosong. Lalu ada distribusi vaksin dari Kota Yogya. Vaksin dari APBD Kota Yogya di tempat kami mulai habis hari ini (kemarin),” katanya.(Dhi)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT