UGM Berhasil Kembangkan Sapi Gama Gagah dan Macho, Blasteran Tiga Jenis Sapi Unggul
KRJOGJA.COM | 14/01/2020 14:21
UGM Berhasil Kembangkan Sapi Gama Gagah dan Macho, Blasteran Tiga Jenis Sapi Unggul

SLEMAN, KRJOGJA.com - Fakultas Peternakan UGM mengembangkan sapi jenis baru yakni Gagah dan Macho (Gama) hasil persilangan tiga jenis sapi yakni Belgian Blue, Wagyu dan Brahman. Berjalan enam tahun, sapi persilangan bibit unggul tersebut memiliki bobot hingga 600 kilogram di usia 2 tahun. 

Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof Ali Agus mengungkap tiga jenis sapi tersebut dipilih dengan alasan tersendiri. Belgian Blue dikenal dengan bobot besar dan berotot, Wagyu memiliki daging empuk dan enak sementara Brahman punya tingkat adaptasi tinggi terhadap lingkungan tropis. 

BACA: Kisah Hoji Hojiev Bule Tajikistan yang Mendapat Beasiswa di UGM

“Saat ini sapi Gama ini menginjak usia 2 tahun dan bobotnya antara 550 sampai 600 kilogram. Harapannya bisa mencapai 900 kilogram dalam waktu tiga tahun dan bisa lebih cepat dipanen daripada sapi cross lainnya,” ungkap Ali Agus. 

Untuk kualitas daging, UGM belum bisa menyampaikan kualitas seturut data riil. Pasalnya, sapi Gama masih dalam tahap menghasilkan tingkatan keturunan dan belum diketahui kualitas karkas dan dagingnya. 

Sapi Gama saat ini ditempatkan di bengkel sapi Berkah Andini Lestari di Widodomartani Ngemplak Sleman. Sapi Gama mendapatkan pakan khusus yang berasal dari limbah pertanian berformula multifunctional feed additive yang mengandung mineral, vitamin immunomodulator dan ekstrak herbal. 

Sapi Gama memiliki sifat dominan dari Belgian Blue yang memiliki otot ganda serta agresif. Satu sapi Gama menghabiskan pakan sekitar 15 kilogram setiap harinya. (Fxh)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT