Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf Dijatuhi Hukuman Mati untuk Kasus Makar
KRJOGJA.COM | 19/12/2019 15:21
Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf Dijatuhi Hukuman Mati untuk Kasus Makar
Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf berbicara dalam sebuah wawancara dengan Reuters di Dubai (8/1). REUTERS/Jumana El Heloueh

PAKISTAN  KRJOGJA.com - Pengadilan Pakistan menjatuhkan hukuman mati terhadap dikator sekaligus mantan presiden Pervez Musharraf atas tuduhan makar. Akhtar Shah, pengacara Musharraf mengatakan kasusnya terjadi ketika ia masih berkuasa dengan memberlakukan aturan darurat pada 2007.

Hukuman mati ini merupakan pertama kali dalam sejarah Pakistan bagi mantan penguasa sekaligus kepala militer yang dijatuhi hukuman mati. "Pengadilan Khusus Islamabad telah menjatuhkan hukuman mati kepada mantan Presiden Pervez Mushrraf untuk kasus makar," kata Radio Pakistan dalam cuitannya.

BACA: Pakistan Bakal Tutup Jalur ke India

Dalam keputusannya ia menghadapi dakwaan makar karena menangguhkan konstitusi dan menerapkan aturan darurat pada 2007, kebijakan yang dianggap sebagai pelanggaran pada 2014.

Jenderal bintang empat itu membantah tuduhan makar kepadanya. Saat ini, pria berusia 76 tahun itu berada di Dubai dengan alasan kesehatan dan ancaman keamanan terhadap dirinya. Ia juga sempat bermukim di London atas alasan penyembuhan sakit yang diidapnya.

Musharraf mengeluhkan sakit yang dideritanya membuat ia tidak bisa menempuh perjalanan panjang untuk menghadapi hukuman yang dijatuhkan pengadilan. Kuasa hukum Musharraf pun mengajukan petisi yang meminta pemerintah Pakistan menghentikan sidang vonis pada 28 November lalu. Pengadilan pun memerintahkan Mushraff untuk membuat rekaman pembelaan di hadapan Pengadilan Tinggi Islamabad. (*)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT