Aset Budaya Purworejo Reresik Sumur Pitu, Memelihara 7 Sumber Mata Air
KRJOGJA.COM | 14/10/2019 19:07
Aset Budaya Purworejo Reresik Sumur Pitu, Memelihara 7 Sumber Mata Air

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Tradisi ‘reresik sumur pitu’ menjadi aset budaya bagi warga masyarakat Kelurahan Cangkrep Kidul Kecamatan Kabupaten Purworejo. Acara adat tahunan ini digelar guna memberikan makna memelihara sumber mata air yang terdapat di kelurahan itu. Berjumlah tujuh sumber yang terletak di tempat yang berjajar.

Dikemas dalam gelar budaya yang disertai dengan berbagai iring-iringan kesenian tradisional bernuansa Islami. Lengkap dengan gunungan yang memberikan simbul kemakmuran rakyat dari berbagai hasil pertanian. “Ceritanya dulu di tempat ini (sumber air) ada seorang pertapa yang hilang, sehingga warga memaknai kegiatan ini sebagai istilah selamatan,” kata Sunarto (70) warga setempat, Senin (14/10/2019).

BACA: Lukisan Senja di Bukit Kaliurip

Di tempat itu terdapat tujuh sumber mata air yang dikenal dengan Beji Kemloko. Terletak di DusunPrajayan. Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyambut baik hajadan yang diinisiasi Karang Taruna Patria Gama Cangkrep Kidul, yang mengadakan acara Reresik Sumur Pitu 2019. “Event seperti bisa menjadi agenda tahunan, yang mampu menjadi wahana pelestarian tradisi sekaligus menarik kunjungan wisata,” katanya.

Dengan semakin banyaknya kegiatan seni budaya seperti ini lanjut Yuli Hastuti, selain bisa memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat, diharapkan juga bisa menarik kunjungan masyarakat dari luar daerah. Sehingga pada gilirannya akan menjadikan Purworejo sebagai salah satu barometer baru dalam jagad seni budaya dan pariwisata. (Nar)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT