Wisata Kuliner Kelapa Kopyor di Desa Kenanti Bukan Desa Penari
KRJOGJA.COM | 23/09/2019 17:07
Wisata Kuliner Kelapa Kopyor di Desa Kenanti Bukan Desa Penari

PATI, KRJOGJA.com - Wilayah Kecamatan Dukuhseti dikenal sebagai 'kandang macan' alias manusia cantik, kini semakin ramai karena munculnya beberapa tempat wisata. Salah satunya yang sedang heboh, adalah wisata kuliner (wiskul) kelapa kopyor di Desa Kenanti, bukan Desa Penari yang sempat viral beberapa waktu lalu. 

Tempat wiskul kelapa kopyor di Desa Kenanti dikelola Ismail. Dia tidak menyangka jika tanah yang dibelinya berukuran 10x60 meter akan ramai dikunjungi banyak pelancong. "Saya coba tanami 50 pohon kelapa kopyor, jenis pohon pendek. Ternyata tahun 2016 sudah berbuah," kata Ismail (50), Minggu (22/9/2019). 

BACA: Nasi Bakar Kelapa Kopyor Jadi Menu Bukber yang Mantul

Semula buah kelapa kopyor dari kebon Ismail diborong para bakul yang sengaja datang dari Semarang, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya. Namun sekarang lebih sering dihabiskan para pelancong, misalnya dari Jepara, Rembang, Kudus, Grobogan dan Pati  yang berwisata ke Dukuhseti. 

Pembeli lebih suka berkunjung langsung ke kebon milik Ismail. Karena bisa minum segarnya es kelapa Kopyor, sembari merasakan suasana kebun yang adem dengan semilir angin laut. Selain itu, pembeli mendapat edukasi tentang cara menanam dan merawat pohon kelapa Kopyor. 

Setelah puas minum es kelapa kopyor, pemburu wiskul biasanya bakal kembali lagi. Dan uniknya para pengunjung semakin hari semakin banyak.(Cuk)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT