KPK Shutdown: Basaria Panjaitan Pilih Bertahan, 3 Pimpinan KPK Lain Mundur
KRJOGJA.COM | 15/09/2019 11:07
KPK Shutdown: Basaria Panjaitan Pilih Bertahan, 3 Pimpinan KPK Lain Mundur
Eko Siswono Toyudho

JAKARTA, KRJOGJA.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan menegaskan bahwa dirinya akan terus mengbdikan diri kepada lembaga antirasuah itu hingga masa baktinya selesai. Di mana tugas pimpinan KPK jilid IV itu akan rampung pada Desember 2019 mendatang.

Keputusan pensiunan jenderal bintang dua itu berbeda dengan Ketua KPK Agus Rahardjo serta dua Wakil Ketua KPK lainnya Saut Situmorang dan Laode M Syarif sehingga memunculkan istilah KPK Shutdown. Pasalnya, sejak kemarin ketiganya menyerahkan tanggung jawab KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA: Gandeng KPK Garuda Indonesia Bersih-bersih Praktek Korupsi

“Ya enggak lah, harus meneruskan tanggung jawab sampai Desember nanti,” kata Basaria kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Sebelumnya, pimpinan KPK menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Jokowi. Hal itu menyusul polemik revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Setelah kami pertimbangkan keadaan yang semakin genting ini, kami pimpinan dengan berat hati, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Republik Indonesia, kami menunggu perintah apakah kami masih dipercaya sampai Desember, kami menunggu perintah itu," ujar Ketua KPK, Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Jumat kemarin.

Agus yang didampingi pimpinan KPK, Laode Syarief berharap Jokowi bisa segera mengambil langkah-langkah untuk penyelamatan KPK. Selain Agus dan Laode, hadir pula Saut Situmorang dengan kapasitasnya bukan sebagai pimpinan KPK karena sudah mengundurkan diri, dan seluruh pegawai KPK.

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT