Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Bangun Istana Kepresidenan di Papua, Untuk Apa?
KRJOGJA.COM | 11/09/2019 16:43
Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Bangun Istana Kepresidenan di Papua, Untuk Apa?
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe saat peresmian bandara Dekai, Yahukimo - Jubi/Yuliana Lantipo

JAKARTA, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk membangun Istana Kepresidenan di Papua. Rencana itu disampaikan usai Jokowi bertemu tokoh Papua di Istana Negara pada Selasa kemarin. Lantas, dimana lokasi pasti Istana Papua tersebut?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya mengatakan, ia baru mendapat perintah terkait pembangunan istana negara di Papua pada Selasa kemarin.

BACA: Temui Jokowi Ini Tuntutan Tokoh Papua dan Papua Barat

"Baru kemarin saya diperintahkan oleh beliau melalui pak Setneg (Pratikno). Kami baru mau survei lokasinya, tanah ada 10 ha untuk disiapkan buat pembangunan istana yang di Jayapura atau di Papua," ujar dia, Rabu (11/9/2019).

Mendapat titah ini, ia menyatakan, pihaknya akan melakukan sayembara untuk penyusunan desain Istana Papua. Namun, bentuknya tidak akan sama persis dengan istana negara yang ada di Jakarta.

"Jangan dibayangkan seperti istana negara, tapi kayak wisma negara. Sehingga kalau sebagai kantor presiden kalau beliau ada di sana," ungkap dia.

Secara detail lokasi, Menteri Basuki menyampaikan, itu bakal berada di perbukitan tak jauh dari Jembatan Holtekamp, Jayapura. "Ide yang saya dapatkan dekat Jembatan Holtekamp, ada bukit di sana. Kami belum survei," katanya.

Dia juga rupanya belum mengetahui calon lahan untuk proyek Istana Kepresidenan di Papua tersebut milik siapa. Akan tetapi, masyarakat setempat sudah memberi persetujuan untuk dilakukan pembangunan. "Belum tahu. Karena di sana banyak rakyat, suku, sehingga mungkin harus kita lihat dulu persis. Kalau mereka sih sudah oke aja, tapi belum tahu," kata dia.(*)

KRJOGJA.COM


BERITA TERKAIT