Jogja Air Show 2019, Atraksi Pesawat Tempur Hingga Pemecahan Rekor
KRJOGJA.COM | 25/08/2019 12:33
Jogja Air Show 2019, Atraksi Pesawat Tempur Hingga Pemecahan Rekor

BANTUL, KRJOGJA.com - Gelaran Jogja Air Show 2019 atau JAS 2019 di Pantai Depok Bantul hari pertama, Sabtu (24/8/2019) mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Pasalnya, banyak agenda menarik di bidang kedirgantaraan yang disuguhkan oleh Lanud Adisutjipto, Dinas Pariwisata DIY dan Pemkab Bantul. 

Tak hanya sebagai hiburan bagi keluarga saja, namun event tahunan ini juga untuk memajukan prestasi olahraga yang dikemas untuk meningkatkan sadar wisata masyarakat. Tentu tujuan lain ialah untuk meningkatkan kecintaan terhadap olahraga dirgantara serta promosi wisata daerah. 

Baca Juga: Boleh Foto di Pesawat Garuda Asal Tak Ganggu Orang Lain

"Hari pertama ini kami pakai untuk gladi. Seperti persiapan penarikan dragon banner sepanjang 1.250 meter yang bakal dijadikan pemecahan rekor Indonesia. Tetapi kami harus melihat crosswind (angin melintang) disini, jika masih dibawah 15 knot maka masih aman," ungkap Ketua Panitia JAS 2019 yang juga Kadisops Lanud Adisutjipto, Kolonel Pnb Feri Yunaldi.

Selain itu, JAS hari pertama juga ada atraksi terjun payung sebanyak 38 peterjun yang menaiki pesawat CN 295 M dari ketinggian 2.000 meter. Lantaran angin bertiup cukup kencang, hanya beberapa peterjun saja yang bisa mendarat mulus di landasan pacu Depok. Sedang sisanya ada yang mendarat cukup jauh. 

Adapun agenda JAS 2019 pada 24-25 Agustus 2019 ialah meliputi FASI Static Show, Aeromodeling dan berbagai demo serta lomba Gantolle dan Paralayang. Kemudian, Microlight terdiri dari Banner Flight, Dragon Banner Flight, Joy Flight dan Static Show Out Door di pantai Depok.

Untuk Paramotor terdiri dari Fly Pass di pantai Parangkusumo dan Pantai Glagah, Paramotor Competition ketepatan mendarat, Slalom, Fun Fly dan Race to Goal (Parkus-glagah-parkus). Olahraga Paralayang terdiri dari joy flight dan lomba ketepatan mendarat.

Baca Juga: Roket Falcon 9 Bakal Bawa Satelit Satria ke Orbit

"Rencananya, hari Kedua Minggu (25/8/2019) akan diadakan acara pembukaan yang dilanjutkan fly pass pesawat tempur T50 dan F16. Pesawat temput itu juga bakal menunjukkan simulasi udara langsung. Sedangkan Jupiter Aerobatic Team (JAT) juga akan menunjukkan kebolehannya pada pengunjung Pantai Depok ini dengan 17 manuver," jelas Kolonel Feri. (Adk)


BERITA TERKAIT