Hati-hati, Terlalu Lama Main Gadget Mata Anak Bisa Juling
KRJOGJA.COM | 24/08/2019 12:07
Hati-hati, Terlalu Lama Main Gadget Mata Anak Bisa Juling

KRJOFJA.COM - Mata merupakan salah satu panca indra yang sangat penting untuk berlangsungnya kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kita diharuskan menjaga kesehatan mata. Salah satu yang harus diperhatikan adalah ketika menggunakan gadget. 

Kerusakan mata dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget.

BACA: Berawal dari Sering Nonton Wayang Kulit Bule Jerman Ini Inovasikan Gamelan

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa  penurunan kualitas tidur, hal itu tentu akan berimbas juga pada tingkat konsentrasi dan juga kesehatan mata.

Selain itu, pancaran sinar pada layar gadget dapat menyebabkan mata kamu kering, perih, dan bahkan bisa menyebabkan mata juling.

Dilansir dari Asiaone, Kamis (22/8/2019), seorang anak berumur 9 tahun di Cina menderita mata juling setelah menghabiskan waktu sekitar 10 jam dalam sehari untuk bermain gadget  selama libur musim panasnya. Hal itu diketahui ketika sang ayah melihat mata anakanya tidak normal. Hasil dari penelusuran, ternyata sang anak tidak mau mendengar ucapan ayahnya dan terus bermain smartphone secara diam-diam tanpa diketahui orang tuanya.

Setelah dibawa ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan, dokter tidak yakin mata sang anak dapat sembuh secara alami.

Dokter memberi saran kepada anak itu agar tidak bermain gadget selama 3 sampai 6 bulan. Jika tidak ada kemajuan, maka anak tersebut harus segera melakukan tindakan operasi.

Dokter menjelaskan, bahwa mata pada anak usia dini masih sangat rentan. Dengan memperkenalkan gedget kepada anak, hal tersebut dapat membuat mata mereka beradaptasi dengan jarak pendek sehingga lama kelamaan dapat menyebabkan mata juling.


BERITA TERKAIT