Tak Ada Kejutan Kongres V PDIP, Megawati Ketua Umum PDI Perjuangan Lagi
KRJOGJA.COM | 09/08/2019 11:43
Tak Ada Kejutan Kongres V PDIP, Megawati Ketua Umum PDI Perjuangan Lagi

BALI, KRJOGJA.com - Megawati jadi Ketua Umum (Ketum) PDIP lagi. Megawati Soekarnoputri resmi terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2019-2024.

Ketua DPD Kepuluan Riau (Kepri), Soerya Respantino mengatakan, dalam rapat tertutup tersebut dikukuhkan Megawati Soekarnoputri secara aklamasi. Hal itu karena mayoritas kader PDIP mulai dari 114 DPC, 34 DPD dan perwakilan dari luar negeri menginginkan supaya Megawati memimpin lagi partai berlogo banteng ini.

Baca Juga: Kongres V PDIP Bali, Megawati Beri Tantangan Ini

“Kesemuanya aklamasi memohon sedianya Megawati memimpin PDIP periode 2019-2024,” ujar Surya Respantino di Grand Inna Beach Hotel, Bali, Kamis (8/8/2019) malam.

Oleh sebab itu, secara aklamasi Megawati dalam rapat internal tertutup langsung dikukuhkan menjadi pucuk pimpinan kembali di partai bernuansa merah ini. “Jadi itu secara umum hasil keputusan sidang kita,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Jamin PDIP Dapat Jatah Menteri Terbanyak

Terpisah, Megawati Soekarnoputri dalam konferensi persnya mengatakan ‎seharusnya ada laporan pertanggung jawaban dari pengurus DPP mengenai kepemimpinannya menjadi ketua umum selama lima tahun kemarin. Namun kader menganggap tidak perlu adanya laporan pertanggung jawaban.

Menurut Megawati‎, semua kader telah puas dengan kinerjanya sebagai ketua umum PDIP. Sehingga tidak dibutuhkan lagi laporan tersebut dibacakan. “Sebelum demisoner seharusnya dibacakan pertanggung jawaban. Tapi ternyata tidak perlu karena utusan menyatakan dapat diterima aklamasi,” ‎kata Megawati.

Sehingga Megawati berujar, kesemua DPD yang terdiri dari 34 wilayah menginginkan dirinya menjadi ketua umum. Sehingga Megawati bisa bersyukur bisa dipercaya oleh kader menjadi ketua umum selama lima tahun mendatang. “Semua menghendaki secara aklamasi, saya diangkat lagi sebagai ketum PDIP periode 2019-2024,” kata dia.(*)


BERITA TERKAIT