Ini Di Jogja, Denda PBB Akan Dihapus Selama Agustus 2019
KRJOGJA.COM | 31/07/2019 18:01
Ini Di Jogja, Denda PBB Akan Dihapus Selama Agustus 2019

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus mendatang. Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menghapus denda pajak Bumi dan Bangunan atau PBB. Masyarakat memperoleh bebas tanggungan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta, Wasesa, mengatakan, bebas bayar pajak PBB mulai pada tanggal 1 hingga 31 Agustus 2019. Penghapusan berlangusung selama satu bulan. 

BACA: 

"Denda yang dihapus yakni mulai 1994 hingga 2018, tanpa harus mengajukan permohonan sebelumnya. Artinya secara otomatis pemilik pajak bebas bayar," katanya saat dihubungi KRJOGJA.com, Rabu (31/07/2019).

Menurutnya, bebas bayar pajar biasanya harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. khusus pada bulan Agustus ini denda sudah otomatis terhapus. 

"Tujuan bebas bayar pajak semata-mata untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk membayar. Pajak harus dibayar, ini tujuannya," ucapnya.

Dalam satu bulan tersebut, pemajak hanya tidak dikenakan bayaran. Artinya pajak yang harus dibayar tidak bertambah atau berkurang.

"Tidak dikenakan denda. Pajak yang dibayar tidak bertambah tidak berkurang," ungkapnya.

BPKAD Kota Yogya juga mencatat, sejak 1994, Kota Yogya memiliki tunggakan pokok pajak total senilai Rp 75,3 miliar. Sementara total denda mencapai 27,8 miliar. 

Mengimbau bagi wajib pajak yang ingin mengetahui berapa jumlah tunggakannya, bisa diakses di Jogja Smart Service (JSS). Penghapusan denda ini hanya berlaku selama bulan Agustus. 

Dia menambahkan, setiap rabu BPKAD menggelar pekan pembayaran di RW. Dalam kegiatan itu mereka mengundang semua wajib pajak yang kena tunggakan. Kegiatan ini digelar di 45 kelurahan dengan RW yang berpindah-pindah.

Mengacu pada Peraturan Walikota No. 54/2019. Untuk melakukan pembayaran, wajib pajak bisa datang ke beberapa tempat meliputi BPD, BNI ,BRI dan Kantor Pos yang ada di Kota Yogya. (Ive)


BERITA TERKAIT