Sugiharto Berangkat ke Rusia Kenalkan Kopi Seplawan di Festival Indonesia Moscow 2019
KRJOGJA.COM | 30/07/2019 15:13
Sugiharto Berangkat ke Rusia Kenalkan Kopi Seplawan di Festival Indonesia Moscow 2019

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Kopi Seplawan ditunjuk panitia Festival Indonesia Moscow 2019 untuk mewakili Indonesia, mengenalkan produk kopi di Rusia. Sebelum bertolak ke Moscow, pemilik usaha, Sugiharto, berkesempatan memohon restu dari Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Senin kemarin. 

Sugiharto dijadwalkan mengikuti FIM di Krasnopresnenskaya Embankment, sebuah tempat publik di Moscow, pada 2 - 5 Agustus 2019. Setelah itu, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rusia akan memfasilitasi pertemuan antara Sugiharto dan wakil pengusaha Indonesia lainnya, dengan para pengusaha Rusia. 

BACA: 

Sugiharto mengatakan, keberangkatannya ke Rusia setelah produk buatannya lolos seleksi yang dilakukan pihak panitia. "Kami kirimkan portofolio dan sampel produk, total ada 136 pemohon, ternyata lolos hanya lima produk kopi mewakili Indonesia. Saya akan bawa portofolio dan sampel kopi ke Rusia," terangnya kepada KRJOGJA.com. 

Menurutnya, syarat utama lolos seleksi itu antara lain produk merupakan hasil UKM dan memiliki kontinyuitas produksi. UKM harus memiliki stok dan berproduksi setidaknya seratus kilogram perbulan.  

Kopi Seplawan, lanjutnya, masuk kualifikasi dengan kapasitas produksi green bean 5,7 ton robusta dan 1,3 ton arabika dalam satu musim panen. Selain itu, Sugiharto juga membina petani kopi di luar Donorejo agar memiliki standar produksi yang baik, sehingga kualitas produk yang dihasilkan sama dengan Kopi Seplawan. "Tidak mungkin mencukupi permintaan dengan kopi Donorejo saja, kami tetap butuh sinergi petani lain di Purworejo," tegasnya. 

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengemukakan, pemkab memberi apresiasi atas keikutsertaan Sugiharto dan Kopi Seplawan dalam pameran FIM di Rusia. Bupati berharap ajang tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk mengenalkan produk Purworejo di luar negeri. 

Bupati menambahkan, Purworejo memiliki beberapa sentra produksi kopi di Kecamatan Kaligesing, Bener, Gebang, Pituruh, Kemiri dan Bruno. Kopi olahan mereka, lanjutnya, memiliki ciri khas tersendiri dan semuanya layak dipasarkan secara global. "Kopi sekarang jadi trending topik, tentu harapan saya semua produk bisa dikenalkan kepada masyarakat dunia. Saya nilai keberangkatan Sugiharto ke Rusia ini punya arti sangat penting dan jadi salah satu jalan memajukan Purworejo," tandasnya.(Jas)

KRJOGJA.COM

 


BERITA TERKAIT