Viral, An Nurumi Masjid Unik Bernuansa Kremlin Rusia
KRJOGJA.COM | 30/07/2019 15:08
Viral, An Nurumi Masjid Unik Bernuansa Kremlin Rusia

SLEMAN, KRJOGJA.com - Masjid An Nurumi merupakan tempat ibadah kecil di tepi jalan dengan arsitektur yang cukup terbilang unik. Kubahnya tinggi bernuansa Eropa Timur dengan dan hiasan warna-warni yang cukup mencolok. Sepintas masjid ini mirip dengan bangunan bersejarah di Moscow Rusia, tak heran jika kemudian tempat ibadah umat Islam ini juga dikenal juga dengan nama Masjid Kremlin.

Resminya masjid yang terletak di jalan raya Yogya - Solo Kalasan Sleman ini bernama Masjid An Nurumi. Berdiri di atas luas lahan 700 meter persegi, Masjid An Nurumi ini memiliki sembilan menara berkubah dengan warna yang beraneka ragam muali dari biru, kuning, hijau hingga merah.

BACA: 

Menurut Takmir Masjid An Nurumi, Slamet Budiono Jarot (67) masjid didirikan pada 2005 dan selesai dua tahun kemudian. Masjid unik ini diresmikan langsung penggunaannya oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat beribadah warga sekitar dan para pelancong yang kebetulan melintas di kawasan perbatasan Jateng - DIY itu.

“An Nurumi dibangun mulai tanggal 7, jam 7, bulan 7 tahun 2005 oleh Hj Umi Nursalim. Konsep masjid ini merupakan pengalaman Hj Umi saat melakukan perjalanan umroh ke tanah suci dan pulang dengan singgah ke negara Eropa Timur,” kata Slamet kepada KRJOGJA.com, Senin (29/07/2019).

Umi Nursalim yang juga merupakan pemilik warung ayam terkenal di Kalasan ini ketika itu singgah di Moscow Rusia dan takjub melihat kemegahan salah satu peninggalan sejarah negeri itu yakni Benteng Kremlin. Umi terpesona dan berencana membangun masjid serupa di kampungnya yaitu Kalasan setibanya di tanah air.

Dipilih tujuh sebagai tanggal, jam dan bulan dimulainya pembangunan Masjid An Nurumi karena angka tersebut dalam falsafah Jawa memiliki makna yang luhur. Sedangkan sembilan kubah yang menjulang tinggi bermakna mengingatkan umat Islam di tanah air  untuk selalu mengenang perjuangan syiar Wali Songo dalam menyebarkan agama di tanah Jawa.

Di Masjid An Nurumi juga terdapat empat pintu dengan bentuk dan ukuran yang sama. Empat pintu terletak di berbagai arah dan kesemua nantinya akan menuju ke satu tempat yakni bagian dalam masjid.

"Kita tidak menyekutukan Allah, namun dalam falsafah Jawa empat arah itu diartikan sebagai kiblat. Tujuannya hanya satu, yaitu Allah," ungkapnya.

Tak hanya bangunan masjid saja yang terlihat unik dari luar, interior di dalam masjid tampak memukau pandangan mata. Langit-langit masjid dipenuhi kaligraf bertuliskan Asmaul Husna, bahkan kaligrafi tertulis hingga ke lorong kubah masjid. (Ive)


BERITA TERKAIT