Pesawat Tempur Tabrak Gunung, Dua Pilot Tewas
KRJOGJA.COM | 17/06/2019 12:23
Pesawat Tempur Tabrak Gunung, Dua Pilot Tewas
Dua pesawat tempur Amerika Serikat, EA-18G Growler tiba di Pangkalan Udara Osan, Pyeongtaek, Korea Selatan, 4 Desember 2017. EA-18G Growler akan mengikuti latihan besar-besaran Angkatan Udara Amerika Serikat dan Korea Selatan, Vigilant Ace. AP/Ahn Young-joon

VIETNAM, KRJOGJA.com - Dua pilot militer Vietnam tewas akibat kecelakaan pesawat ketika sedang menggelar latihan rutin. Kedua pilot itu tewas ketika pesawat Yakovlev Yak-52 buatan Rusia yang mereka gunakan untuk latihan menabrak sebuah gunung di Provinsi Khanh Hoa.

"Satu dari pilot tersebut tewas seketika sementara yang lainnya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit," kata Nguyen Ngoc Khue selaku kepala komune setempat.

Baca juga: Tak Terpengaruh Sidang MK, Sekda DIY Pastikan Jogja Aman

Khue juga menambahkan bahwa lokasi kecelakaan ditutup untuk sementara waktu demi kepentingan penyelidikan. Foto-foto dari media pemerintah memperlihatkan kepulan asap membubung dari pesawat Rusia yang terjatuh dalam insiden tersebut.

Vietnam sebenarnya memiliki catatan penerbangan sipil yang baik. Namun, kecelakaan pada pesawat dan helikopter militer kerap terjadi. Insiden serupa sudah beberapa kali terjadi di negara komunis itu dalam beberapa tahun terakhir.

Setidaknya dua pilot tewas dalam latihan militer di Provinsi Nghe An pada Juli 2018 lalu. Armada yang mereka gunakan saat itu adalah pesawat Sukhoi Su-22 buatan Rusia milik Angkatan Udara Vietnam. (*)

KRJogja.com


BERITA TERKAIT