Bukti Dugaan Makar Sofjan Jacob Berupa Video
KRJOGJA.COM | 11/06/2019 12:15
Bukti Dugaan Makar Sofjan Jacob Berupa Video

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kepolisian menyatakan mempunyai bukti dugaan makar yang dilakukan oleh mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Sofjan Jacob. Kasus ini merupakan limpahan dari Mabes Polri dan ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar usai gelar perkara pada Mei lalu.

"Bukti makar, ada ucapan dalam bentuk video," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/06/2019).

Baca juga: Performanya Meningkat, Jonatan Christie Hanya Modal Yakin

Pelapor kasus ini merupakan orang yang sama yang melaporkan Eggi Sudjana. Argo menjelaskan sebelumnya dalam kasus ini kepolisian telah memeriksa sejumlah saksi. Sofjan pun diketahui juga telah diperiksa sebagai saksi.

"Kemarin Rabu, 29 Mei kami sudah gelar perkara. Dari hasil gelar perkara statusnya kami naikkan jadi tersangka," ujar Argo.

Dalam kasus ini, Sofjan disangkakan melanggar Pasal 107 KUHP dan/atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Ia diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti. (*)

KRJogja.com


BERITA TERKAIT