Citilink Terbang Perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta
KRJOGJA.COM | 06/05/2019 13:11
Citilink Terbang Perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta
Yogyakarta International Airport atau YIA

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Setelah digunakan pertama kali oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mulai Senin (06/05/2019) hari ini, untuk pertama kali dimulai operasional pesawat komersial di Yogyakarta International Airport/- Bandara Internasional Yogyakarta (YIA/BIY). Maskapai Citilink yang akan menggunakan YIA pertama kalinya.

Mengenai kesiapan YIA tersebut, Pejabat Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA sekaligus GM Bandara Internasional Adisutjipto, Kolonel (Pnb) Agus Pandu Purnama menegaskan, pihaknya bersama perusahaan mitra kerja PT AP I telah menyiapkan seluruhnya dalam operasional komersial perdana. Persiapan sudah 100 persen dalam pelaksanaan operasional komersial perdana bandara baru di kawasan pesisir selatan Kecamatan Temon tersebut.

BACA: Bandara Baru Yogyakarta Bakal Diresmikan Pertengahan Mei 2019?

"Secara menyeluruh kami telah menyiapkan operasional komersial perdana dan itu juga akan berlaku untuk selanjutnya. Terkait operasional bandara tentu dari sisi udara maupun sisi darat semuanya telah siap." tegas Pandu.

Dijelaskan pada operasional komersial perdana yang menggunakan pesawat Citilink dari Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) - YIA, jumlah penumpang sekitar 40-an orang. "Pesawat bertolak dari HLPpukul 11.40 WIB dan tiba di YIApukul 12.50 WIB. Kemudian pukul 13.10 WIB pesawat bertolak lagi ke HLP," ujarnya.

BACA: Pemkab Kulonprogo Siapkan Pengadaan Tanah Pengganti

Bagi para penumpang pesawat dari HLP di YIA tersebut telah disiapkan sejumlah transportasi darat di antaranya bus Damri, ShuttleKu, kereta api dan taxi. Khusus penumpang yang memanfaatkan Shuttle Bus Damri pengelola YIA bersama mitra kerjanya memfasilitasi para penumpang secara gratis untuk tujuan Kebumen, Magelang dan Yogyakarta.

Layanan Damri gratis tersebut berlaku dari Senin - Minggu (6-12) Mei 2019. Sedangkan untuk ShuttleKu sebanyak lima unit bus Damri siap mengantarkan penumpang ke Wonosobo, Cilacap dan Purwokerto. (Rul)


BERITA TERKAIT